Hebat, Desainer Tuna Rungu Indonesia Rancang Baju untuk Istri Presiden AS


Jangan pernah meremehkan seseorang yang terlahir dengan kekurangan seperti tuna rungu. Karena bisa saja mereka punya kemampuan luar biasa yang bahkan tak akan pernah bisa kamu miliki. Hal itulah yang terjadi pada desainer muda Indonesia, Rafi Abdurrahman Ridwan.

Terlahir sebagai seorang tuna rungu, remaja berusia 13 tahun ini justru mencetak prestasi luar biasa. Baru-baru ini, Rafi meraih penghargaan dari Museum Record Indonesia (MURI) sebagai desainer termuda berprestasi internasional. Rafi merasa bersyukur karena Indonesia mengakui keberadaannya.

“Busana Rafi memang tidak diproduksi massal, cuma untuk private customer saja. Mungkin itu yang membuat rancangan busana Rafi tidak diketahui. Pembelinya biasanya sosialita dari Arab Saudi, China, Amerika, Spanyol dan Australia,” ungkap ibunda Rafi, Sinta, seperti dikutip dari Kapanlagicom, Kamis (4/2/2016).

Rafi dan Sinta (Kapanlagi)
Rafi dan Sinta (Kapanlagi)

Untuk harga, lanjut Sinta, Rafi tidak mematok harga khusus. Sebab Rafi suka main hati yang artinya sesuai dengan suasana hatinya saat itu. Para pembelinya juga harus sabar, karena tak diproduksi massal dan tergantung Rafi malas atau tidak saat menggambarnya.

“Bagi Rafi fashion itu masih sekadar hobi bukan bisnis. Range harganya agak susah, karena Rafi main hati. Menyesuaikan, bisa dijangkau, paling tidak teman-teman Rafi yang juga tuna rungu yang menjahit baju itu dapat terus berkarya. Itu saja sih,” jelas Sinta.

“Rafi kalau malas menggambar ya bisa sebulan atau dua bulan tidak ngapa-ngapain. Semua costumernya sudah paham. Kita sebagai orangtua tidak memaksakan Rafi untuk menggambar desain kalau dia lagi malas,” kata Sinta bangga.

Rafi mendapat sertifikat dari MURI (Kapanlagi)
Rafi mendapat sertifikat dari MURI (Kapanlagi)

Yang lebih membanggakan, Rafi mendapat kehormatan untuk merancang baju bagi istri orang nomor satu di Amerika Serikat Barack Obama, yaitu Michelle Obama. Menurut Sinta, Rafi membuat baju untuk Michelle Obama dari kain tradisional Indonesia. Baju tersebut dititipkan kepada utusan Gedung Putih yang datang ke Indonesia.

“Baju untuk First Lady dari tenun ikat. Ada asisten Gedung Putih yang datang ke Indonesia dan menitipkan untuk Michelle Obama,” jelas Sinta.

Bukan hanya untuk istri Obama, karya Rafi juga banyak diburu sosialita dari berbagai belahan dunia. Bahkan ia sempat ikut┬ámerancang busana untuk program America’s Next Top Model cycle 20 yang tayang pada tahun 2013 silam.

Sukses terus untuk Rafi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak