VIDEO: Keren, Lukis Naga Hanya dalam Satu Sapuan


Melukis biasanya dilakukan dengan menggunakan kuas, dan dilakukan dengan sapuan lebih dari satu untuk hasil maksimal. Namun di Jepang, ada teknik lukis hanya dengan menggunakan satu sapuan.

Teknik melukis semacam itu, dalam Bahasa Jepang disebut ‘hitofude ryuu’, yang secara harafiah berarti’ naga dalam satu sapuan’. Dengan tinta, kuas, dan hanya satu sapuan, gambaran seekor naga akhirnya tercipta utuh: kepala, badan yang meliuk-liuk, juga ekor yang panjang.

Meski terlihat mudah, teknik itu sama sekali tak gampang. Membutuhkan kerja keras dan percobaan berulang-ulang demi mendapatkan sapuan yang sempurna.

Untuk melukis seekor naga, sang seniman pertama-tama membuat bagian kepalanya secara terpisah. Bentuk paling rumit itu dilukis menggunakan kuas kecil. Kemudian, dengan menggunakan kuas yang lebih tebal namun pipih dan lebar, mereka membentuk bagian badan dan buntut yang tak kalah rumitnya, hanya dengan sekali sapuan.

Namun, seperti dikutip dari Oddity Central, Kamis (4/2/2016), meski sang seniman terlihat membuat sapuan panjang dan tunggal, jika dilihat lebih cermat, mereka sejatinya melakukan gerakan tangan yang nyaris tak kentara. Gerakan itulah yang membuat lukisan naga itu seakan hidup.

Di Jepang sendiri ada toko yang khusus menjual lukisan semacam ini. Toko yang dikenal dengan nama Dragon Art Kousyuuya memang tidak besar, tapi menawarkan seni lukisan naga yang sesuai dengan keinginan pengunjung. Hanya dalam waktu 15 menit.

Di toko yang terletak tepat di perhentian bus Nikko Kyodo Center Mae itu, pengunjung dapat memilih ukuran, rancangan, warna, dan huruf kanji yang diinginkan. Huruf-huruf kanji dipilih disesuaikan dengan niat pelanggan, untuk mendapat perlindungan, nasib baik, atau lainnya.

Karya seni itu dihargai cukup pantas dan ada sejumlah pilihan bingkai di toko yang sama. Lukisan kecil dengan bingkai dihargai 9 ribu yen, atau setara Rp 1 juta. Harganya bertambah jika pengunjung menginginkan naga warna putih (yang dianggap lebih beruntung), perak, atau keemasan.

Seperti apa teknik melukis satu sapuan ini? Langsung saja tonton videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak