Valentine adalah hari kasih sayang yang selalu diperingati setiap tanggal 14 Februari. Kendati disebut hari kasih sayang, ternyata ada fakta mengejutkan di balik momen Valentine.

Dilansir Ibtimes, inilah 5 fakta mengejutkan tentang hari Valentine.

1. Banyak hadiah untuk hewan peliharaan

Banyak Hadiah untuk Hewan Peliharaan (DailyMail)
Banyak Hadiah untuk Hewan Peliharaan (DailyMail)

Ternyata, bukan hanya manusia saja yang bertukar kado di hari Valentine, para binatang juga lho. Hewan-hewan peliharaan mendapat hadiah spesial dari pemiliknya ketika Valentine tiba. Tapi, biasanya mereka yang memberi hadiah pada hewan peliharaan adalah orang yang jomblo alias tak punya kekasih. Setidaknya, ada 9 juta jomblo yang akan memberi kado untuk binatang kesayangannya saat Valentine.

2. Banyak lamaran pernikahan

Banyak Lamaran Pernikahan (nowmagazine)
Banyak Lamaran Pernikahan (nowmagazine)

Februari adalah bulan kasih sayang dimana ada momen Valentine yang jatuh pada tanggal 14. Ngomong-ngomong bulan kasih sayang, ternyata lebih dari 220.000 lamaran diajukan tepat di hari Valentine. Peristiwa itu kerap terjadi di Amerika Serikat (AS).

3. Singles Awareness Day

Para single benci hari Valentine (//thinkstockphotos.com/)
Para single benci hari Valentine (//thinkstockphotos.com/)

Bagi yang punya pacar bisa merayakan Valentine dengan si dia. Namun beda dengan para jomblo. Mereka yang masih sendiri pun seolah sangat membenci hari Valentine. Bahkan, para jomblo menganggap Valentine sebagai Hari Kekhawatiran Jomblo (Singles Awareness Day).

4. Muncul pasar gelap di Arab Saudi

Pasar di Arab (alhijaztourtravel)
Pasar di Arab (alhijaztourtravel)

Selanjutnya, fakta mengejutkan tentang hari Valentine adalah munculnya pasar gelap yang terletak di Arab Saudi. Awalnya, negara ini tidak mengizinkan penjual yang menjajakan segala barang yang berbentuk hati misalnya bunga dan permen. Namun kesininya, Arab Saudi mulai berkembang. Hal ini terlihat pada hadirnya pasar gelap yang menjual mawar merah selama Valentine.

5. Toko hewan laris manis

Toko Hewan Laris Manis (blogspot)
Toko Hewan Laris Manis (blogspot)

Selain toko bunga, toko hewan juga laris manis diserbu pembeli ketika Valentine. Tak sedikit orang yang membeli hewan-hewan lucu sebagai hadiah Valentine. Berbeda dengan hari biasa, sejumlah toko hewan berani memberikan diskon dan promosi hewan khusus di hari Valentine.

(nha)