Sebuah inovasi lahir berkat pemikiran dari para sang inovator yang nggak pernah menyerah untuk terus mencoba dan mencari-cari sehingga mampu menghasilkan sebuah terobosan yang pastinya bakal berguna untuk bisa membuat hidup manusia jadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa inovasi anak bangsa yang jarang diketahui, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Jempol marijNan (Jemuran Portable Aman dari Hujan)

Jempol marijNan (Kaskus)
Jempol marijNan (Kaskus)

Jempol MarijNan ini merupakan rancangan sebuah jemuran modern yang sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang sibuk dengan aktifitasnya sehingga biasanya panik ketika ada hujan yang turun tiba-tiba dan tidak sempat mengangkat jemuran tersebut. Hasil inovasi dari Dian Septiadi ini didesain dengan sensor air yang terhubung denga unit control, sehingga jika hujan turun, maka secara otomatis motor sensor akan mendeteksi air dan akan menggerakkan motor servo untuk menurunkan kain pelindung yang akan melindungi pakaian kita dari air. Dan pada saat hujan sudah reda secara otomatis pula kain akan tergulung kembali sehingga pakaian akan terkena matahari secara langsung.

2. Kaleng hijau kit

Kaleng Hijau Kit (Kaskus)
Kaleng Hijau Kit (Kaskus)

Inovasi berikutnya adalah Kaleng hijau kit yang merupakan kumpulan alat untuk membuat kaleng minuman bekas menjadi memiliki 5 fungsi baru. Penemu alat ini yaitu Fikri Satria Antoni. Ide awal konsep ini berawal dari permasalahan sampah kaleng minuman yang semakin hari semakin bertambah. Kaleng hijau kit berfungsi sebagai tutup atas kaleng minuman bekas dan menambahkan 5 fungsi baru, yaitu sebagai soap dispenser, water spray, paint spray, pepper bottle, dan candle holder. Tak cuma untuk berhemat dengan memanfaatkan kaleng minuman bekas sebagai bahan daur ulang yang bisa terus menerus dimanfaatkan, tetapi desain ini juga mengajak kita untuk Go Green.

3. STIMULAN (Sepatu Tepak Multifungsi Penghitung Langkah Dilengkapi Jas Hujan)

Stimulan (Kaskus)
Stimulan (Kaskus)

Inovasi ini cocok buat kamu yang sering berjalan kaki. Sepatu ini diciptakan oleh Citra MP. STIMULAN adalah sepatu yang memiliki rangkaian penghitung langkah dilengkapi dengan sebuah tombol pada alas sepatu sebagai input penghitung langkah, yang akan mendeteksi jumlah langkah dan kemudian hasilnya ditampilkan di LCD pada permukaan atas sepatu. Tak hanya itu, produk sepatu STIMULAN ini juga dilengkapi dengan jas hujan, sehingga pada musim hujan dapat menutupi sepatu serta melindungi dari debu ketika musim panas. Sepatu ini juga memiliki sistem yang multifungsi sehingga pada bagian sol sepatunya dapat digunakan untuk menyimpan bolpen, pensil, uang, atau ATM layaknya tempat pensil dan dompet.

4. BH (Box Hot) Delivery

BH (Box Hot) Delivery (Kaskus)
BH (Box Hot) Delivery (Kaskus)

Alat ini berfungsi semacam oven listrik yang bisa dimanfaatkan untuk mengantarkan pesanan makanan suatu restoran. Makanan yang ada di dalam BH ini dijamin selalu hangat atau panas. Inovasi ini datang dari Abu Chasan. Alat ini membutuhkan listrik, yang datang dari aki mobil, ditambah dengan dinamo tambahan, sehingga bisa dipasang di motor. Dengan adanya dinamo pengisian aki mobil dengan dinamo tambahan, maka tenaga listrik akan dihasilkan secara otomatis.

5. Setan.Bolong (Setrika Anti Bolong)

Setan.Bolong (Kaskus)
Setan.Bolong (Kaskus)

Setan.Bolong ini merupakan setrika otomatis yang dapat terangkat sendiri, sehingga saat kita lupa meletakkan dengan posisi yang benar tidak akan menyebabkan pakaian yang sedang kita setrika menjadi bolong. Alat ini merupakan ciptaan Haidir Furqoni Romadon. (tom)