Imlek sudah datang. Tidak hanya masyarakat Tionghoa saja yang antusias menyambutnya, beberapa perayaan unik juga ikut menghibur masyarakat umum lainnya. Perayaaan Imlek selalu identik dengan berbagai tradisi unik yang mengelilinginya. Berikut adalah 5 tradisi unik saat Imlek, seperti dilansir dari Kapanlagicom, Senin (8/2/2016).

1. Barongsai

Barongsai (Metrotvnews)
Barongsai (Metrotvnews)

Tahun Baru Imlek, selalu identik dengan atraksi Barongsai. Sebagian keluarga Tionghoa pasti tidak akan melewatkan saat pertunjukan Barongsai atau Liong Naga. Pasalnya, Barongsai ini merupakan simbol dari keberuntungan.

2. Makanan serba 12

12 (Pixabay)
12 (Pixabay)

Saat Imlek, biasanya kamu akan menemukan segala macam makanan yang jumlahnya serba 12. Hal ini memiliki arti tersendiri, yakni melambangkan jumlah Shio yang totalnya ada 12.

3. Angpao

Angpao (Milkadeal)

Angpao adalah salah satu tradisi yang paling ditunggu saat Imlek datang. Angpao adalah amplop merah berisi uang yang biasanya diberikan pada anggota keluarga yang masih kecil atau belum menikah. Kalau sudah menikah atau sudah punya kerja, maka biasanya mereka yang sudah bekerja itu yang harus memberikan angpao.

4. Melunasi hutang

Lunasi hutang (Konsultasisyariah)
Lunasi hutang (Konsultasisyariah)

Sebelum Tahun Baru Imlek, sebagian warga Tionghoa biasanya mulai melunasi hutang. Hal ini dipercaya agar di tahun yang baru nanti mereka tidak banyak hutang lagi.

5. Tidak boleh makan bubur

Bubur ayam (Cumibunting)
Bubur ayam (Cumibunting)

Saat Imlek, warga Tionghoa akan sangat menghindari bubur. Saat Imlek, semua hal dilambangkan dengan keberuntungan, rezeki dan juga kehidupan yang lebih baik. Sedangkan bubur dianggap sebagai lambang kemiskinan. (tom)