Mungkin kamu sudah mengenal sang manusia laba-laba, Spider-Man. Tokoh ciptaan Stan Lee dan lahir di Marvel Universe (termasuk di Marvel Cinematic Universe) itu bukan sekedar karakter superhero biasa, tapi ia juga menjadi inspirasi buat banyak orang dalam berbagai bidang.

Saat kita kecil, mungkin ada yang berandai-andai kalau kita bisa menjadi manusia laba-laba, yang bisa berjalan di dinding dan juga menembakkan jaring dari tangan. Bisakah kita melakukan segala hal yang dilakukan oleh Spider-Man?

Di dunia internet, perbincangan tentang bisa atau tidaknya Spider-Man “diciptakan” sungguhan cukup sering jadi perbincangan. Memang benar, kalau soal kemampuan menembakkan jaring dari dalam tubuh mungkin tidak masuk akal. Namun kemungkinan untuk bisa menembakkan jaring dari tubuh masih ada, seperti halnya Spider-Man di “The Amazing Spider-Man”, yang menggunakan alat.

Tapi baru-baru ini dalam penelitian yang dilakukan Cambrdige University, yang diungkap lewat sebuah talkshow di CBS berjudul “The Late Show With Stephen Colbert”, mengatakan kalau Spider-Man itu tak mungkin bisa tercipta di dunia nyata. Yang jadi fokus perhatiannya adalah di dunia nyata, manusia tak akan bisa berjalan di dinding layaknya Spider-Man. Kamu bisa lihat acaranya melalui video berikut ini.

Meski demikian, tak sedikit juga yang tidak setuju tentang kesimpulan dari video di atas, dan membuat teori ‘tandingan’. Salah satunya adalah video yang diunggah oleh insinyur dari Stanford University. Dia membuktikan kalau Spider-Man itu bisa dibuat menjadi nyata. Tentu saja, hal ini meliputi berjalan di dinding yang menjadi khasnya. Penasaran seperti apa? Coba tonton video berikut.

Dari video tersebut, bisa saja kita menjadi Spider-Man dengan menggunakan alat yang bisa menempel di dinding. Alat tersebut berupa lempengan, yang mungkin berisikan magnet, sehingga bisa menempel. Mungkin kiga juga pernah melihat alat serupa di film “Mission Impossible”, dimana sang tokoh utama memakai sarung tangan yang bisa menempel. Namun masih belum bisa diketahui apakah alat yang ada di dalam video tersebut juga bisa menempel di kaca, seperti halnya Spider-Man yang menempel di kaca gedung tinggi.

Bagaimana menurut kamu? Apakah nantinya kita bisa menjadi Spider-Man? Mungkin saja, jika alat yang memungkinkan manusia bisa berjalan (atau merangkak) di dinding telah ditemukan dan disempurnakan. (tom)