Memiliki hobi merupakan suatu hiburan tersendiri. Saat sedang jenuh dengan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari, hobi bisa menjadi obat alternatif tersendiri untuk menghibur diri. Meski demikian, ada juga hobi yang ternyata cukup menguras ekonomi kamu. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 hobi yang terlihat sepele namun menguras kantong.

1. Kuliner

Bakso (Kaskus)
Bakso (Kaskus)

Semua orang pasti melakukan kegiatan yang namanya makan. Bahkan, tak jarang kegiatan yang pasti dilakukan oleh semua manusia ini menjadi hobi. Namun jangan salah, karena hobi makan justru bisa menguras kantong kamu. Sebagai contoh jika dalam sehari kamu menghabiskan uang Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu, maka dalam sebulan berapa uang yang sudah kamu habiskan?

2. Baca komik

Komik (Kaskus)
Komik (Kaskus)

Membaca komik memang menyenangkan, apalagi jika kamu adalah penggemar kartun-kartun asal Jepang. Yang hobi baca komik pasti tak akan membeli 1 komik saja di toko buku, bisa saja lebih dari 2 buku. Tentu saja itu akan menguras kantong, mengingat harga komik sekarang tak lagi seperti dulu.

3. Nonton bioskop

Nonton bioskop (Langkahmudah)
Nonton bioskop (Langkahmudah)

Hobi nonton film terbaru di bioskop? Mungkin sebaiknya mulai dikurangi hobi kamu itu. Meskipun biaya untuk sekali nonton bervariasi, namun jika dilakukan terus-menerus, jelas hobi kamu ini akan menghabiskan uang yang kamu miliki. Ambil contoh biaya nonton per film sekitar Rp 35 ribu. Jika kamu menonton film lebih dari satu ditambah dengan ke bioskop lebih dari sehari, maka tinggal ditotal saja pengeluaran kamu selama sebulan.

4. Nongkrong

Tempat nongkrong (Kaskus)
Tempat nongkrong (Kaskus)

Siapa bilang nongkrong-nongkrong tidak menghabiskan uang? Nongkrong, apalagi di kafe ditambah mentraktir teman, tanpa kamu sadari akan membuat kantong kamu jebol. Mungkin tidak masalah jika dilakukan seminggu sekali. Namun jika dilakukan tiap hari, bisa jadi kamu tidak punya simpanan uang untuk keperluan mendadak.

5. Koleksi

Koleksi (CNNIndonesia)
Koleksi (CNNIndonesia)

Ini dia yang paling menguras kantong. Hobi mengoleksi, apapun itu, jelas akan menghabiskan uang kamu jika kamu tidak pandai mengatur keuangan kamu. Mengoleksi mainan saja kini sudah terhitung sangat mahal, apalagi mengoleksi benda lainnya, seperti game atau bahkan mobil. (tom)