Untuk dapat mengukur sebuah potensi keuntungan dari jual rumah dapat dilihat dari berapa harga rumah tersebut saat awal kita membeli di awal, apakah kita membeli dengan harga sesuai pasaran atau malah membeli dengan harga di bawah pasaran bahkan justru membelinya di atas harga pasaran kala itu.

Salah satu manfaat saat memprediksi sebuah potensi keuntungan dari menjual sebuah rumah tentunya agar kita dapat merencakan kembali hasil dari penjualan rumah itu akan digunakan untuk apa. Tentunya saat kita sudah tahu prediksi akan keuntungan yang didapat kemudian kita bisa untuk menghitung besaran jumlah yang dapat dipakai untuk konsumtif, investasi, atau juga untuk digunakan sebagai bisnis di kemudian hari nantinya. Untuk mengukur sebuah potensi keuntungan dari rumah yang dijual tentunya harus melihat dari beberapa aspek yang tentunya dapat mempengaruhi angka dari penjualan sebuah rumah.

Karena itulah, mengapa disebut penting untuk mereka yang akan menjual rumah untuk dapat menghitung berapa besar potensi keuntungan yang akan didapatkannya. contohnya adalah dari faktor harga pasaran untuk rumah saat ini kemudian juga lokasi dari rumah itu sendiri, lalu berikutnya adalah kualitas bangunan yang akan dijualnya. Dari ketiga unsur ini minimal semuanya berada pada kondisi prima, maka diprediksi tentang potensi keuntungan yang didapatkan dari hasil menjual rumah jenis itu tentu sangatlah tinggi bahkan bukan tidak meungkin dapat mencapai angka 100%.

Selain dari tiga aspek tersebut, kemudian potensi dari keuntungan dalam menjual rumah pun bisa dilihat dari siapa yang menawar rumah kita tersebut. Apabila ada yang menawar rumah yang akan kita jual adalah merupakan orang yang memiliki banyak uang maka tentunya tidak akan susah bagi kita untuk mendapatkan keuntungan besar dalam penjualan unit rumah tersebut. Namun apabila salah satu aspek saja tidak terpenuhi maka secara otomatis potensi keuntungan yang didapat dari menjual rumahnya pun akan berkurang, tentunya hal ini memang sudah seperti hukum alam yang terjadi. (jow)