Jomblo. Kata ini sudah terdengar akrab di telinga kita. Bila didefinisikan berdasarkan pengertian anak muda zaman sekarang, maka jomblo adalah bahasa percakapan yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak memiliki pasangan atau kekasih. Tapi tahukah kamu asal usul kata jomblo itu sendiri? Berikut asal usulnya, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Kata jomblo itu sendiri tidak akan kita temukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena ternyata kata jomblo bukan dari bahasa Indonesia. Salah satu versi mengenai asal mula istilah jomblo adalah berasal dari bahasa Sunda, yaitu jomlo. Jomlo sendiri memiliki arti negatif, yaitu gadis tua. Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atau memiliki pasangan.

Ilustrasi cewek jomblo (Vemale)
Ilustrasi cewek jomblo (Vemale)

Kenapa kata jomlo menjadi jomblo? Ternyata kata jomlo sendiri bila dilafalkan, lebih enak ditambahi huruf ‘b’. Sehingga hingga kini, kata yang digunakan adalah jomblo.

Seiring perkembangan zaman, kata jomblo mengalami perluasan makna, tidak hanya digunakan untuk perempuan namun ternyata juga bisa digunakan para laki-laki.

Versi lainnya yang menyebutkan tentang asal usul kata jomblo ini adalah berasal dari bahasa Inggris, yaitu jobless yang berarti pengangguran. Ini karena orang yang tidak punya pacar selalu identik dengan tidak punya kerjaan setiap malam minggu.

Selain jobless, bahasa Inggris lainnya yang dikaitkan dengan kata jomblo adalah jumble, yang artinya campur aduk atau acak. Jomblo berasal dari kata jumble karena menurut penelitian, seorang jomblo kalau melihat orang lain lagi pacaran, gandengan tangan mesra-mesraan, perasaannya pasti campur aduk. Beberapa jomblo bisa ditandai dengan penampilan yang acak-acakan.

Ilustrasi jomblo (Beritanya)
Ilustrasi jomblo (Beritanya)

Ada juga versi lain yang menyebutkan kalay jomblo itu berasal dari combro. Combro itu makanan yang terbuat dari singkong yang di dalamnya berisi sambal oncom. Jomblo diduga berasal dari kata combro karena memiliki sifat yang sama seperti combro, apalagi kalau pas lihat orang lain lagi pacaran. Kelihatannya cuek di luar tapi di dalam hatinya panas dan pedas.

Dari semua versi itu, yang paling masuk akal adalah kata jomblo berasal dari bahasa Sunda jomlo, yang kemudian ditambah huruf ‘b’ dan mengalami perluasan makna. Bagaimana menurut kamu? (tom)