Gerhana matahari terjadi saat ini di beberapa provinsi di Indonesia. Ada banyak cara untuk melihat gerhana matahari secara langsung dengan aman. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan kacamata khusus yang bisa mereduksi cahaya sampai 100 ribu kali.

Selain kacamata khusus melihat gerhana matahari, ada cara lainnya yaitu menggunakan proyeksi lubang jarum. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu sediakan dua kertas HVS lalu lubangi salah satunya dengan jarum. Kemudian letakkan sejajar, satu menghadap Matahari, maka kamu akan melihat pantulan matahari di bagian kertas yang lainnya.

Walau kamu tidak memiliki kacamata khusus dan malas membuat proyeksi jarum, kamu masih bisa melihat gerhana matahari dengan menggunakan barang bekas. Apa saja? Berikut barang bekas yang bisa kamu gunakan.

1. Roll film

Roll film (wpclipart)
Roll film (wpclipart)
Roll film (photo by Chitra Fitriana)
Roll film (photo by Chitra Fitriana)

Kalau kamu tidak punya kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari, kamu bisa menggunakan roll film atau negatif film. Cara melihatnya cukup arahkan roll filmnya ke arah matahari. Namun perlu diingat, kalau film ini tidak bisa melihat gerhana matahari dalam waktu yang lama.

2. Foto rontgen

Wanita menggunakan foto rontgen (Getty Images)
Wanita menggunakan foto rontgen (Getty Images)

Barang bekas lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melihat gerhana matahari adalah foto rontgen. Caranya sama seperti roll film, cukup arahkan ke matahari. Sama juga seperti roll film, foto rontgen ini juga tidak bisa digunakan untuk waktu yang lama.

3. Disket

Disket (Getty Images)
Disket (Getty Images)

Punya disket yang tidak terpakai? Jangan dibuang dulu, karena bagian dalam disket masih bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari. Lagi, disket ini tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Dari ketiga barang bekas itu, tentu yang paling aman untuk melihat gerhana matahari adalah dengan menggunakan kacamata khusus. Atau jika kamu sedang tidak ingin keluar rumah, maka kamu bisa melihat gerhana mataharinya melalui layar televisi. (tom)