Source: cnet
Source: cnet

Yap, smartphone canggih besutan Apple Inc. yang cukup fenomenal pada tahun 2015. Tahun kegemilangan Apple dalam mengeluarkan seri produk iPhone ini tentunya akan terus berlanjut hingga tahun 2016 ini. Disusul dengan rilisnya seri iPhone 7, seri flagship penerus smartphone Apple ini kabarnya akan segera menyandang gelar kehormatan yang pernah diraih iPhone 6, yaitu iPhone 7 sebagai smartphone terbaik tahun 2016. Terlepas dari kaitannya dengan harga iPhone 6 yang digadang-gadang terlalu mahal ini, antusiasme masyarakat terhadap iPhone 6 ini pun tidak serta merta surut, lho, justru semakin meningkat. Harga iPhone 6 ini memang dipastikan turun mengingat Apple akan segera merilis iPhone 7, tetapi yang jadi pertanyaan, akankah kamu tetap ragu beli iPhone 6 yang hits ini? Apa kamu justru makin galau karena nekad banding-bandingin iPhone 6 dengan seri smartphone penerusnya, atau bahkan beda merek? Nih, baca dulu, deh, beberapa hal penting dari iPhone 6 yang mestinya bikin kamu jadi makin bangga kalau punya iPhone 6 (selain nanti juga bakalan keluar iPhone 7, iPhone 8, dan seterusnyaâ?¦)!

1. iPhone 6 merupakan seri iPhone terbesar dan paling tipis

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, layar smartphone iPhone terbentang seluas â??hanyaâ? 3.5 inci. Beberapa tahun kemudian, Apple kembali meluncurkan seri iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S semuanya dengan ukuran dan bentuk yang sama. Pada tahun 2012, Apple pun merilis iPhone 5, dengan ukuran yang sama dengan tinggi yang sedikit lebih panjang, membuat layar ponsel tersebut menjadi 4 inci, sedangkan ukuran dan layar iPhone 5S sama dengan iPhone 5. Untuk seri flagship, Apple pun keluar dari â??jalurnyaâ?. iPhone 6 dirilis dengan layar berukuran 4,7 inci menjadikannya ponsel Apple dengan layar paling besar dalam sejarah iPhone. Di waktu yang sama ini juga merupakan iPhone paling tipis, ukurannya 6,9 mm dan 7,1 mm untuk iPhone 6 Plus, dengan harga iPhone 6 yang cukup sebanding dengan kekhasan segi fisiknya.

2. Label premium Apple dengan harga iPhone 6 yang mahal

Dari awal peluncurannya, Steve Jobs memang menginginkan produk keluaran Apple akan diingat dan dipandang sebagai sesuatu yang identik dengan barang mewah dan eksklusif namun memiliki kepraktisan dalam penggunaannya, â??An iPod, a phone, an internet mobile communicatorâ?¦ An iPod, a phone, an internet mobile communicatorâ?¦ An iPod, a phone, an internet mobile communicatorâ?¦ Do you get it? These are not three separated devices. This is one device, and we are calling it iPhone.â? Qoutes-nya ini memang menjadikan iPhone menjadi barang mewah dan praktis. Harga iPhone 6 akan dipastikan turun jika iPhone 7 sudah keluar dijual di pasaran. Yang pastinya akan membanggakan, nilai jual iPhone second di pasaran tidak akan terlalu jatuh. Jadi, kamu pun masih tetap akan merasa bangga menggunakan iPhone 6, meskipun bekas, tetapi tetap terlihat mewah dan mahal.

3. iPhone 6, smartphone paling powerful dan hemat daya

Seri flagship iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menggunakan processor terbaru, Apple A8. Kabarnya, prosesor ini memiliki 2 miliar transitor, yang akan membuatnya lebih cepat sekitar 25% untuk melakukan tugas komputasi biasa dan lebih cepat 50% untuk melakukan komputasi grafis. Seiring dengan perkembangan iPhone terbaru ini, daya tahan baterai yang disematkan pun jauh lebih baik dari seri sebelumnya. Tak heran, harga iPhone 6 di pasaran kini masih di atas angin, karena modifikasi kapasitas baterai dengan ketahanan yang lebih kuat dan hemat tentunya menjadi kebutuhan utamamu yang dimengerti Apple.

4. Smartphone Apple berbalapan â??desainâ? dengan smartphone Android

Selain mulai â??mengikutiâ? desain smartphone Android yang memang lebih lebar, uniknya pada iPhone 6, Apple mulai â??meniruâ? Android dengan menempatkan tombol Power pada sisi samping kanan atas. Harga iPhone 6 yang juga bersaing dengan smartphone Android kelas high-end level kini memang menjadi salah satu pertimbangan yang cukup bikin kamu galau. Eits, jangan sedih, coba baca artikel ini sampai habis ya, biar galaunya juga habis!

5. Kualitas kamera iPhone 6 yang jauh lebih baik

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus melakukan perbaikan dan akselerasi kualitas kameranya dengan menggunakan sensor terbaru yang memungkinkan menggunakan mode auto-focus dua kali lebih cepat dibandingkan dengan iPhone sebelumnya. Selain itu, smartphone iPhone terbaru ini juga dibekali fitur slow-motion di mana kamu dapat merekam video hingga 240 frame per detik dan kemudian video tersebut diberikan efek slow-motion untuk melihat kecepatan aslinya. Untuk iPhone 6 Plus, spesifikasi kameranya disematkan teknologi Optical Image Stabilization, yang secara otomatis akan mendeteksi gerakan pada kamera dan mendapatkan gambar yang lebih baik. Semua keunggulan kamera yang lebih baik ini tentunya diapresiasi dengan harga iPhone 6 yang cukup terbayar, bukan?

6. iPhone 6 menggunakan sistem operasi terbaru Apple

Apple menyematkan sistem operasi terbarunya pada iPhone 6, iOS 8, yang memungkinkan aplikasi untuk “hand of” interaksi dari satu perangkat ke perangkat lainnya sebagai pengguna bergerak dari perangkat ke perangkat. Selain itu, teknologi baru QuickType ditujukan untuk memudahkan menebak kata yang akan diketikan pengguna berikutnya dan memungkinkan untuk memilih dengan hanya sekali tekanâ??seperti predictive texts. Sebelumnya, pada seri smartphone Apple, iCloud telah memungkinkan konsumen untuk menyinkronkan musik, kalender, dan data pribadi lain lainnya di Mac dan iPhone, dan perangkat lainnya. Kini, Apple akan bersaing langsung dengan Google Drive dan Dropbox dengan memperkenalkan iCloud Drive, sebuah layanan yang akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan setiap jenis file pada satu mesin dan memilikinya secara otomatis melakukan sinkronisasi pada perangkat mereka yang lain. Sebuah dua buah teknologi memang tentunya disesuaikan dengan harga iPhone 6 yang disebut sebagai smartphone terbaik di dunia ini, bukan?

7. iPhone 6 menawarkan cara baru untuk berbelanja

Apple bermitra dengan bank dan perusahaan kartu kredit untuk membangun layanan terbaru yang memudahkan penggunanya dalam bertransaksi. Kini, kamu bisa menggunakan informasi kartu kredit Anda yang sama dengan akun iTunes kamu, atau bahkan menambahkan beberapa yang baru. Near Field Communication atau NFC adalah teknologi yang memungkinkan perangkat untuk bertukar data dengan hanya mengoperasikannya secara bersamaan. DALAM gagasan kemudahan pembayaran ini, disebutkan bahwa dengan berjalannya transaksi, pada kasir tidak akan mendapatkan nomor kartu kredit Anda dan Apple tidak mendapatkan informasi pembelian Anda, sehingga privasi Anda terlindungi. Harga iPhone 6 memang terlalu mahal jika dibandingkan dengan smartphone Android yang sudah â??mempraktikkanâ? teknologi ini sejak 2010.

8. iPhone 6 menawarkan kecepatan dan kemampuan jaringan yang lebih baik

iPhone 6 dan iphone 6 Plus membuat beberapa perbaikan yang siginifikan pada segi jaringan dan konektivitasnya. Pertama, iPhone 6 mendukung lebih banyak frekuensi dibandingkan iPhone sebelumnya yang pastinya memungkinkan untuk beroperasi di lebih banyak negara. Yang kedua adalah menggunakan “carrier aggregationâ? yang memungkinkan untuk memanfaatkan beberapa frekuensi pada saat yang bersamaan. Seiring berjalannya waktu, baru-baru ini iPhone sudah mendukung jaringan 4G atau biasanya yang disebut dengan LTE. Selain itu, dua cara yang dilakukan iPhone untuk berkomunikasi dengan dunia luar secara nirkabel. Salah satunya menggunakan Wifi merupakan standar jarak yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan rumah atau jaringan bisnis kita. Konektivitas wifi pada iPhone 6 juga mendapatkan beberapa perbaikan yang signifikan, yang menawarkan kecepatan hingga tiga kali lebih cepat dari chip wifi pada iPhone 5S.

Dengan merogoh kocek yang sebanding dengan harga iPhone 6, tentunya kamu tidak akan ragu lagi, kan, memilih beli iPhone 6 atau tidak? Pastinya jawabannya, ya, dong! Ingat, catat tanggal rilis iPhone 7 jika kamu memang berminat beli iPhone 6 yang pastinya akan turun. Dengan begitu, kamu pastinya bisa berbangga ria mengganti smartphone lamamu dengan iPhone 6. Ihiy! (jow)