Di tengah hiruk pikuknya suasana perkotaan yang terkadang membuat kamu jengah, kamu pasti akan berpikir untuk pergi berwisata atau traveling. Jika teman-teman kamu sedang sibuk dan tidak bisa diajak traveling, tak ada salahnya jika kamu pergi traveling sendirian. Dengan traveling sendirian, ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Selain ketenangan, kamu juga bisa menambah quality time untuk diri kamu sendiri. Nah, bagi kamu yang suka traveling sendirian, kali ini JadiBerita punya beberapa tips untuk kamu, yaitu:

1. Membawa Tas yang Tepat

Daypack untuk traveler [www.bagsearth.com]
Daypack untuk traveler [www.bagsearth.com]

Membawa koper saat traveling sendirian adalah hal yang harus dihindari, apalagi kamu travelingnya ke tempat-tempat yang belum diketahui medannya alias kamu belum pernah pergi ke sana. Bawalah backpack atau daypack dengan bahan yang kuat. Pastikan keseluruhan barang bawaan kamu muat di dalamnya. Jangan lupa untuk membawa tas cadangan seperti tas pinggang sebagai tempat menaruh gadget, dompet, atau benda ringan lainnya. Jika kamu travelingnya ke luar negeri, bawalah dompet kecil khusus paspor. Selain sebagai wadah menyimpan kartu identitas perjalanan tersebut, dompet kecil tersebut bisa berguna sebagai tempat menyimpan tiket dan dokumen lain terkait administrasi perjalanan.

2.Jas Hujan Sekali Pakai

Jas Hujan Sekali Pakai [www.aliexpress.com]
Jas Hujan Sekali Pakai [www.aliexpress.com]

Saat pergi traveling memang paling malas membawa-bawa payung atau jas hujan karena kamu tentunya enggan menyimpan payung atau jas hujan yang basah bukan? Namun membawa jas hujan saat traveling sendirian itu wajib karena kamu tidak akan pernah tahu cuaca yang selau berubah setiap saat. Bawalah jas hujan sekai pakai karena lebih praktis, murah, dan juga ringan.

3.Siapkan Jaket Traveling

Waterproof jacket [www.trespass.com]
Waterproof jacket [www.trespass.com]

Jaket merupakan benda penting yang harus ada dalam daftar bawaan kamu saat traveling. Kebutuhan jaket setara dengan pakaian sehari-hari yang wajib ada dalam tas. Jaket dengan jenis lightweight water resistant bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu karena jaket jenis ini bisa dipakai saat hujan maupun pada malam hari yang terang tetapi dingin.

4.Kamera Pocket

Kamera Pocket [www.digitalgrapher.com]
Kamera Pocket [www.digitalgrapher.com]

Hal yang tidak mungkin terlewat saat traveling adalah kamera. Jika kamu tidak puas dengan kamera ponsel, kamu bisa membawa kamera saku agar kualitas foto kamu lebih bagus. Belakangan, para traveler membawa action camera yang merupakan kamera khusus yang bisa dipakai dalam air atau aktivitas outdoor lainnya. Disarankan untuk tidak membawa kamera DSLR karena akan membuat barang bawaan kamu menjadi lebih berat.

5.Membuat Jadwal Perjalanan

Membuat Jadwal Perjalanan [lighthouseinsights.in]
Membuat Jadwal Perjalanan [lighthouseinsights.in]

Yang terkahir adalah jangan lupa untuk membuat jadwal perjalanan kamu selama traveling sendirian. Meski agak merepotkan, tapi kamu harus membuat jadwal perjalanan sehingga kamu sudah tahu destinasi-destinasi mana yang akan kamu singgahi dan kunjungi. Jadwal perjalanan ini membuat kamu lebih teratur dan bisa mempersiapkan budget untuk traveling sehingga kamu tidak perlu takut kehabisan uang selama perjalanan.

Nah, semoga tips di atas bisa bermanfaat buat kamu yang suka traveling sendirian ya JBers. Selamat berlibur! (jow)