Drama Korea apa sih yang sedang populer saat ini? Jawabannya adalah Descendants of The Sun atau yang disingkat dengan nama DOTS. Drama 16 episode yang mulai tayang pada tanggal 24 Februari 2016 ini telah menyita perhatian banyak pihak. Dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Song Joong Ki sebagai pemeran utama, membuat Descendants of The Sun sangat ramai dibicarakan dan sukses meraih rating hingga mencapai 27% pada episode 6 kamis lalu. Rating Descendants of The Sun pun diramalkan akan memecahkan rekor drama The Man From Another Star yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hy

Descendants of The Sun berlatar cerita tentang dunia kemiliteran dan kedokteran.  Yoo Shi Jin yang diperankan Song Joong Ki merupakan seorang kapten pasukan militer yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan seorang dokter bedah bernama Kang Mo Yeon  yang diperankan Song Hye Kyo. Mereka berdua sama-sama bertemu saat bertugas di wilayah konflik perang. Nah, penasaran khan sebenarnya apa sih yang membuat drama KBS ini sangat populer? JadiBerita punya lima rahasianya nih JBers!

1. Song Couple

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo [www.newsth.com]
Song Joong Ki dan Song Hye Kyo [www.newsth.com]

Nama kedua pemeran utamanya yakni Song Hye Kyo dan Song Joong Ki memang sudah tak asing lagi dalam drama Korea. Song Hye Kyo yang terkenal lewat drama Full House dan Song Joong Ki lewat drama Nice Guy ini dijuluki sebagai Song couple yang dinanti-nantikan. Selain dimanjakan oleh visual kecantikan Song Hye Kyo dan ketampanan Song Joong Ki, chemistry Song Couple mampu membuat para pemirsa menanti-nantikan drama yang tayang di hari rabu dan kamis ini.

2. Song Joong Ki Jadi Tentara Militer

Song Joong Ki (twitter.com)
Song Joong Ki (twitter.com)

Kabar mengenai Song Joong Ki yang akan membintangi â??Descendants of the Sunâ?? memang sudah santer terdengar sejak ia masih menjalani wajib militernya sebagai tentara cadangan di pangkalan militer Doseung-gun, Provinsi Gangwon. Song Joong Ki yang baru saja resmi melepas seragam tentaranya pada 26 Mei 2015 lalu pun langsung mengobati kerinduan para fansnya dengan berperan sebagai kapten pasukan khusus militer dalam drama  Descendants of The Sun.

3. Penulis Kim Eun Sook

Kim Eun Sook [Lautanindonesia.com]
Kim Eun Sook [Lautanindonesia.com]

JBers masih ingat tidak dengan drama The Heirs yang diperankan oleh Lee Min Ho, Park Shin Hye, dan Kim Woo Bin pada tahun 2013 lalu. Naskah drama Descendants of The Sun ternyata ditulis oleh penulis yang sama dengan drama The Heirs. Tidak hanya The Heirs saja, semua drama yang ditulis oleh Kim Eun Sook seperti Lovers in Paris, Secret Garden, serta Gentleman Dignity selalu populer dan menjadi hits serta meraih rating yang sangat tinggi. Oleh karena itu, jika drama Descendants of The Sun menjadi populer maka para pemirsa tidak akan kaget lagi karena penulisnya adalah penulis hebat Kim Eun Sook.

4. Second Couple Jin Goo dan Kim Ji Won

Jin Goo dan Kim Ji Won [korea.iyaa.com]
Jin Goo dan Kim Ji Won [korea.iyaa.com]

Bukan hanya Song couple saja yang menjadi favorit dalam drama ini. Second couple yang diperankan oleh Jin Goo dan Kim Ji Won pun berhasil mencuri hati para pemirsa. Jin Goo yang memerankan Seo Dae Young terpaksa berpisah dengan kekasihnya yang juga sama-sama tentara yang bernama Yoon Myeong Joo yang diperankan oleh Kim Ji Won. Kisah cinta antara tentara laki-laki dan tentara perempuan ini popularitasnya bahkan bisa mengalahkan Song couple.

5. Menghabiskan Dana Fantastis

Descendants of The Sun in Urkesh [koalasplayground.com]
Descendants of The Sun in Urkesh [koalasplayground.com]

Descendants of The Sun mengambil latar nuansa negara Urkesh sehingga mereka harus syuting di Yunani. Proses pengambilan gambar sudah dilakukan sejak pertengahan 2015 lalu, di mana semua pemain dan kru drama diterbangkan ke Yunani selama sebulan untuk syuting. Tak heran jika drama ini menghabiskan dana produksi yang sangat fantastis, yaitu sekitar 13 miliar Won atau sekitar 141 miliar Rupiah. Adapun 65% budget yang dikeluarkan dihabiskan untuk pembuatan set alam terbuka Urkesh di Yunani. Tak hanya itu, untuk menyempurnakan tampilan latar belakang usai proses syuting, pihak produksi juga menghabiskan sekitar 20 miliar Rupiah untuk efek CG. Dikabarkan total dana per episodenya mencapai 8,6 miliar rupiah loh JBers. Ini merupakan jumlah di atas rata-rata produksi drama Korea pada umumnya yang biasanya hanya menghabiskan dana sekitar 3,5 miliar rupiah per episodenya. (jow)