Band-band indie asal Indonesia makin banyak bermunculan. Tak jarang juga band indie itu memiliki vokalis cewek. Kehadiran vokalis cewek itu bisa dibilang memberikan warna baru bagi musik Indonesia, yang saat ini ‘loyo’. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 wanita super yang bikin musik Indonesia berwarna.

1. Arina Ephipania

Arina Ephipania (Kaskus)
Arina Ephipania (Kaskus)

Arina adalah vokalis dari band Mocca. Mocca yang sempat ngetop tahun 2000an pasti membawa angin segar dengan sentuhan swing jazz, twee pop, dan lirik bahasa Inggris dengan suasana tahun 60an. Suara dari Arina yang enak didengar dijamin bikin kamu betah mendengarkan lagu-lagu Mocca.

2. Aprilia Apsari

Aprilia Apsari (Jikasaja)
Aprilia Apsari (Jikasaja)

Setelah vokalis Mocca, kita beralih ke vokalis White Shoes and the Couples Company (WSATCC), Aprilia Apsari. Dia dianggap memiliki suara aduhai serta gemar menari-nari lincah dan, yang terpenting, seperti didatangkan langsung dari 50 tahun silam. Nona Sari, begitu ia dikenal, sedang berjalan menuju barisan penyanyi wanita Indonesia paling berkarakter saat ini atau bahkan dalam beberapa tahun terakhir.

3. Endah Widiastuti

Endah Widiastuti (Kaskus)
Endah Widiastuti (Kaskus)

Istri dari Rhesa Aditya yang tergabung dalam duo Endah N Rhesa ini adalah salah satu musisi wanita berbakat di Indonesia. Karakter suara Endah ini memang cukup pas dipadukan dengan instrumen musik akustik, sehingga membuat nyaman siapa pun yang mendengarkan lagu-lagu mereka.

4. Kartika Jahja

Kartika Jahja (Membunuh-matahari)
Kartika Jahja (Membunuh-matahari)

Kartika, atau Tika, adalah salah satu personel dari Tika and The Dissident. Selain musik, Tika juga seorang aktivis perempuan, penulis, aktris, dan wiraswastawati. Mempunyai vokal yang unik dan kuat, Tika selalu konsisten dengan jalur indie karena dianggap lebih jujur dan bebas berkarya. Tika and The Dissidents sendiri mempunyai bermacam jenis musik mulai dari jazz, blues, punk hingga waltz dan tango dengan lirik-lirik yang cerdas dan politis.

5. Leilani “Frau” Hermiasih

Leilani "Frau" Hermiasih (Ensiklo)
Leilani “Frau” Hermiasih (Ensiklo)

Mulanya mencuri perhatian lewat “Mesin Penenun Hujan”. Setelahnya, banyak orang dibuatnya bergumul dengan rasa penasaran karena namanya ramai diperbincangkan. Muda, bertalenta dan kreatif, itulah kata-kata yang cocok menggambarkan dirinya. Frau adalah penyanyi, musikus, komponis dan sekaligus lirisis yang layak diperhitungkan di belantika musik tanah air saat ini. (tom)