Menyaksikan sekumpulan lumba-lumba beratraksi di alam bebas adalah suatu daya tarik tersendiri. Di Indonesia, lumba-lumba yang seringkali terlihat adalah jenis lumba-lumba hidung botol. Berikut adalah laut dimana kamu bisa melihat lumba-lumba liar berkeliaran, seperti dilansir dari Bicarawisatacom, Kamis (17/3/2016).

1. Pantai Lovina, Bali

Pantai Lovina Bali (Bicarawisata)
Pantai Lovina Bali (Bicarawisata)

Pantai Lovina terletak di Pulau Bali. Selain menawarkan pemandangan pantai, Pantai Lovina adalah salah satu tempat untuk melihat lumba-lumba di alam bebas. Diperkirakan ada sekitar 500 sampai 1.000 lumba-lumba hidung botol yang hidup dan berhabitat di sekitaran laut lepas Pantai Lovina.

2. Teluk Kiluan, Lampung

Lumba-lumba melompat di Teluk Kiluan (Bicarawisata)
Lumba-lumba melompat di Teluk Kiluan (Bicarawisata)

Teluk Kiluan memiliki beberapa jenis spesies lumba-lumba. Yang paling sering dijumpai adalah lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Setelah puas menikmati atraksi lumba-lumba, Teluk Kiluan juga menjanjikan pemandangan yang mengagumkan. Air laut jernih berwarna biru toska, dipadu dengan taman laut penuh terumbu karang dan ikan cantik.

3. Pulau Siladen, Bunaken

Pulau Siladen (Bicarawisata)
Pulau Siladen (Bicarawisata)

Pulau Siladen terletak di Taman Nasional Bunaken. Tak kalah dengan pulau-pulau lainnya yang berada di kawasan taman nasional, pulau ini menawarkan pemandangan dan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Di pulau ini kamu bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba liar yang berkeliaran disana.

4. Kepulauan Derawan

Pulau Derawan (Bicarawisata)
Pulau Derawan (Bicarawisata)

Kepulauan Derawan merupakan tempat wisata yang sempurna dan istimewa di kawasan Indonesia Tengah. Sinar mentari yang hangat berpadu dengan panorama pantai pasir putih yang halus, laut dengan air berwarna hijau kebiruan, dan pohon kelapa yang melambai membuat daerah ini mempunyai panorama yang sempurna. Kehidupan bawah laut di sana juga sangat luar biasa di mana kamu dapat menemukan lumba-lumba, kura-kura raksasa, ubur-ubur stingless, serta duyung barakuda.

5. Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur

Lumba-lumba di Laut Sawu (Bicarawisata)
Lumba-lumba di Laut Sawu (Bicarawisata)

Laut Sawu terletak di pertemuan antara Samudra Pasifik dan Hindia. Laut ini merupakan habitat untuk 14 jenis laut, termasuk paus biru, dan tentu saja ada llumba-lumba yang bisa kamu lihat berkeliaran di luat ini. (tom)