Bangka Botanical Garden [chris13jkt.wordpress.com]

Pangkal Pinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang posisinya sangat strategis sebagai pintu masuk ke Pulau Bangka yang menjadikan kota ini menjadi perlintasan untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Bangka. Kamu tidak perlu khawatir jika pergi berwisata ke sini karena akomodasi yang disediakan sudah sangat lengkap, mulai dari penginapan kelas bawah hingga hotel berbintang bisa kamu temui di sini. Nah, bagi kamu yang akan berwisata ke Pangkal Pinang, JadiBerita akan memberikan tiga tempat wisata unik yang kamu JBers. Ini dia tempat wisatanya!

1. Museum Timah Indonesia

Museum Timah di Pangkal Pinang [bangkatour.com]
Museum Timah di Pangkal Pinang [bangkatour.com]

Museum Timah yang ada di Pangkal Pinang ini merupakan satu-satunya museum timah yang ada di Asia loh JBers. Objek wisata ini beralamat di jalan Ahmad Yani No 179 atau dekat dengan pusat kota, jadi kamu bisa dengan mudah menemukannya. Di sini terdapat sejarah penambangan timah di Pulau Bangka yang menjadi penghasil timah terbesar di dunia dari jaman penjajahan Belanda hingga penambangan timah modern. ?Berbagai peralatan penambangan timah secara tradisional oleh masyarakat tempo dulu hingga peralatan penambangan modern dapat disaksikan di sini berikut produk-produk kerajinan dari timah.  Begitu masuk ke kawasan museum, kamu akan disambut dengan sebuah lokomotif kuno yang dulunya digunakan untuk mengangkut pasir timah pada jaman kolonial Belanda dan mangkuk-mangkuk pengeruk pasir timah yang digunakan kapal Keruk pada era penambangan timah modern. Museum Timah ini sendiri gedungnya masih bergaya kuno khas bangunan peninggalan Belanda sehingga kesan vintagenya sangat terasa.

2. Alun-alun Taman Merdeka

Alun-aun Taman Merdeka [m.radarbangka.co.id]
Alun-aun Taman Merdeka [m.radarbangka.co.id]

Alun-alun Taman Merdeka atau lebih dikenal dengan ATM ini tadinya merupakan sebuah lapangan bola tempat pertandingan sepakbola antar kampung desa-desa di Pulau Bangka digelar. Lokasinya terletak di kawasan nol kilometer persis di pusat kota Pangkal Pinang. Di pagi hari tempat ini akan terlihat rapi, sepi dan bersih dengan berbagai tanaman bunga yang menghiasi alun-alun. Namun, saat sore hingga malam hari tempat ini berubah menjadi ramai oleh para kawula muda yang nongkrong sambil kulineran bersama dengan teman-teman mereka. Di sini kamu bisa berwisata kuliner sepuasnya JBers karena ada banyak penjaja makanan yang buka hingga tengah malam.

3. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi [www.pegipegi.com]
Pantai Pasir Padi [www.pegipegi.com]

Kamu pasti sudah tahu kalau Pulau Bangka itu sangat terkenal akan pantai indah berpasir putih yang mengelilingi pulau ini. Di Pangkal Pinang ini kamu bisa pergi mengunjungi Pantai Pasir Padi yang lokasinya hanya berjarak sekitar 7 km dari pusat kota. Pantai Pasir Padi selalu menjadi favorit para warga untuk menikmati liburan saat weekend. Pantai Pasir Padi sangat landai dan berpasir putih sehingga sangat cocok untuk berenang ataupun mandi di sana. Ombaknya juga sangat ramah sehingga aman untuk kamu berenang.

4. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden [chris13jkt.wordpress.com]
Bangka Botanical Garden [chris13jkt.wordpress.com]

Tempat wisata yang satu ini sangat pas untuk kamu yang suka foto-foto. Bangka Botanical Garden letaknya sangat dekat dengan Pantai Pasir Padi dan berjarak sekitar 14 km dari pusat kota. Bangka Botanical Garden memiliki luas tanah yang mencapai 300 hektare. Dulunya, tempat ini hanyalah tanah gambut dengan rawa-rawa berpasir. Namun sekarang tempat ini berubah menjadi surga para fotografer. Saat weekend selalu ada pasangan yang melakukan foto prewedding di sini. Selain itu, kamu juga bisa melihat peternakan sapi perah hingga ?kebun buah-buahan seperti buah naga, jeruk, jambu dan korma. Kamu juga tidak dipungut biaya sepeserpun loh JBers untuk menikmati keindahan Bangka Botanical Garden ini. (jow)