Beranda jadiVideo

VIDEO: Kenapa Bahasa Inggris Jadi Bahasa Intternasional?

Sekitar 100 negara di dunia, kini mengakui bahasa Inggris, sebagai bahasa utama atau kedua di negaranya. Oleh karenanya, banyak dari kita yang kemudian belajar bahasa Inggris agar bisa mengerti pembicaraan banyak orang di dunia. Lalu, apa alasannya bahasa Inggris itu bisa menjadi bahasa internasional? Kenapa tidak bahasa lain, seperti bahasa Indonesia?

Jika ditelisik dari sejarah, sejak zaman Romawi Kuno, kita menyadari diperlukannya satu bahasa umum yang bisa dimengerti oleh banyak orang atau disebut sebagai Lingua Franca. Dalam sejarahnya sendiri, Lingua Franca, sempat berganti-ganti tiap masanya. Begitu juga dengan bahasa Inggris, yang memiliki sejarah cukup panjang untuk menjadi Lingua Franca.

Ada dua alasan yang menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Yang pertama adalah kolonialisasi Inggris. Setelah era revolusi industri, Kerajaan Inggris menjadi negara dengan teknologi dan militer paling maju di dunia. Keadaan ini membuat Inggris menjadi negara dengan jumlah wilayah jajahan terluas dan menjadikan bahasanya paling banyak digunakan di dunia.

Sementara yang kedua adalah munculnya Amerika Serikat sebagai negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada awal abad ke-20. Singkatnya, kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang sangat besar, memaksa negara-negara lain di dunia untuk menggunakan mata uang Dollar dan tentunya berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Era globalisasi juga turut andil dalam menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Pada era globalisasi, banyak perusahaan dan media asing, terutama dari Amerika Serikat, mendirikan kantornya di negara lain. Akibatnya, banyak dari kita yang belajar bahasa Inggris agar bisa diterima bekerja di perusahaan asing tersebut.

Itulah sekilas mengenai kenapa bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat sejarahnya dalam bentuk video unggahan akun YouTube bernama Kokbisa, yang bisa kamu tonton di atas. (tom)