hayutravelling.blogspot.com

Keindahan negeri ini seolah tak ada habisnya. Semakin dalam diselami, pesonanya semakin membius. Salah satu keindahan tersembunyi di Indonesia terletak di Tasikmalaya. Meski bukan tempat populer untuk dijadikan tempat wisata, Tasikmalaya punya sejuta pesona yang sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah air terjun yang dikenal dengan curug. Berikut ini 5 air terjun tersembunyi Tasikmalaya yang membuat siapapun yang berkunjung, ingin terus kembali.

1. Curug Cileutak

Amazing Tasikmalaya
Instagram Amazing Tasikmalaya

Curug Cileutak memang belum santer terdengar oleh para traveler Indonesia. Curug ini berada di  Kampung Cieceng, Desa Sindang Asih, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Airnya yang jernih dan masih bersih, mengalir dengan deras, belum lagi pemandangan sekitar yang menakjubkan.

Curug Cileutak yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan lebar sekitar 20 meter yang mengalir dari sungai Ciharuman, mempunyai kondisi air yang jernih, dan sangat sayang jika tak dinikmati kesegarannya. Belum lagi adanya sebuah kolam yang tidak terlalu dalam di bawah air terjun. Di kawasan curug Cileutak ini, terdapat saung Hidro yang dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai pembangkit listrik. Listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini sekitar 4000 watt ini, digunakan untuk menerangi puluhan rumah yang ada di sekitar Curug.

2. Curug Dengdeng

Curug Dendeng (Advjourney)
Curug Dendeng (Advjourney)

Curug Dengdeng yang terletak di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, menawarkan panorama curug bertingkat-tingkat dengan dihiasi rindangnya pepohonan. Jangan sia-siakan airnya yang jernih dan menyegarkan karena kamu boleh berenang di sini. Sebab, tempat ini mampu menghilangkan stress dan beban pikiran yang menganggu.

Butuh waktu 3 jam dari pusat kota Tasikmalaya untuk mencapai curug ini. Sebelum benar-benar tiba di lokasi, perjalanan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati sungai kecil dan rimbunnya pohon jati. Agar bisa menikmati pemandangan keseluruhan curug ini, kamu bisa mengikuti aliran air menyusuri tebing-tebing curam yang menantang.

3. Trio Curug di Bawah Kaki Gunung Galunggung

twitetr ayo_keTasik
Curug Batu Blek (twitetr ayo_keTasik)

Di bawah kaki Gunung Galunggung, tepatnya di desa Santana Mekar, Kec Cisayong, Kab Tasikmalaya, terdapat 3 curug menawan yang patut dikunjungi. Yakni Curug Batu Blek yang memiliki keunikan dinding-dinding di samping air terjun dengan tonjolan batu berbentuk kotak-kotak berwarna hitam. Lalu Curug Badak dan Curug Gado Bangkong yang menyajikan pemandangan tak kalah indahnya. Alamnya yang masih perawan dan belum terjamah banyak pengunjung, membuatmu semakin puas menikmati keindahan alam sekitar.

4. Curug Cimanintin

airterjuncimanintin.blogspot.com
airterjuncimanintin.blogspot.com

Curug yang terletak di kampung Babakan Joho, desa Dinding Ari, kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya ini dikenal menantang. Curug ini berada di dataran tinggi, dan untuk mencapai lokasi, harus menempuh perjalanan sejauh 3 km dengan berjalan kaki dengan medan yang dilalui pun cukup terjal. Namun lelahmu akan hilang setelah menyaksikan pemandangan indah dan kesejukan Curug Cimanintin. Curug ini memiliki ketinggian mencapai 120 meter, terdapat kolam sedalam 1,5 meter. Uniknya, sumber air yang mengalir ke air terjun tersebut langsung dari akar pohon pegunungan yang berada di gunung Aseupan Salopa. Bagi para pecinta alam,  kamu bisa memanfaatkan lereng curug sebagai sarana panjat tebing. Menyenangkan bukan?

5. Curug Ciparay

http://tempatwisataunik.com
http://tempatwisataunik.com

Keelokan Curug Ciparay yang tersembunyi, terletak di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya atau 30 km dari pusat kota Tasikmalaya. Curug Ciparay dapat diakses dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya yaitu Singaparna menuju ke arah Sariwangi kemudian masuk ke desa Cidugaleun. Terhampar curug kembar setinggi 75 km yang dikelilingi tebing-tebing hijau di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari.

Untuk menggapai curug-curug di Tasikmalaya tersebut, kamu akan dihadapkan pada kondisi jalan yang labil yang dihiasi jalan berbatu, dan areal yang naik-turun. Belum lagi tanah merah yang licin, dan sangat becek ketika habis hujan. Perlu stamina yang kuat agar bisa tiba di lokasi. Namun setelah tiba di lokasi, kamu akan merasakan kesejukan dan aliran deras air terjun yang akan menghilangkan lelahmu seketika. Ingat JBers, untuk menggapai surga, maka harus melalui rintangan yang menghadang terlebih dahulu.