Pertunangan adalah hal yang penting untuk meresmikan sebuah hubungan ke jenjang yang lebih sakral, yaitu pernikahan. Waktu yang paling lazim untuk melamar kekasih adalah ketika ia ulang tahun, hari valentine, atau tanggal jadi hubungan. Berikut adalah 5 film dengan adegan lamaran paling romantis, seperti dilansir dari Liputan6com, Jumat (25/3/2016).

1. When Harry Met Sally

Film romantis yang dirilis pada tahun 1989 ini menceritakan Harry yang diperankan oleh Billy Crystal bersahabat dengan Sally yang diperankan oleh Meg Ryan. Hubungan persahabatan antara lelaki dan wanita itu, tidak semulus yang mereka kira. Harry akhirnya menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Sally. Harry yang sedang sendirian, mendatangi pesta tahun baru yang dihadiri oleh Sally. Merasa bersalah atas perasaannya, Harry pun mengutarakan perasaanya kepada Sally ditengah-tengah keramaian pesta malam tahun baru. “Aku ingin mengatakan suatu hal, dan hal itu adalah aku mencintaimu,” salah satu dialog dalam film tersebut.

2. The Wedding Singer

Robbie yang diperankan oleh Adam Sandler, menungkapkan perasaannya kepada Julia yang diperankan oleh Drew Barrymore dengan menyanyikannya sebuah lagu di dalam pesawat. Julia yang memang mencintai Robbie langsung menerima tawaran pernikahan Robbie, padahal Julia sendiri sudah memiliki seorang tunangan.

3. Love Actually

Sedang menyembuhkan diri dari sakit hati di kota Paris, Jamie yang diperankan oleh Colin Firth, jatuh cinta dengan seorang pelayan kafe yang bernama Aurelia yang diperankan oleh Lucia Moniz. Aurelia yang berasal dari Portugal hanya bisa berbicara bahasa Portugal saja, membuat Jamie kesusahan berkomunikasi dengannya. Akhirnya, Jamie kembali ke negaranya Inggris, dan mulai belajar bahasa Portugal. Menggunakan bahasa Portugal, ia melamar Aurelia di hadapan pengunjung kafe tempat Aurelia bekerja. Tanpa disadari, Aurelia pun menjawab pertanyaan Jamie dengan bahasa Inggris, yang secara diam-diam telah Aurelia pelajari.

4. Runaway Bride

Magie, yang diperankan oleh Julia Roberts, bertemu dengan Ike, yang diperankan oleh Richard Gere, yang seorang penulis dan ingin menuliskan kisah Maggie yang mempunyai reputasi buruk akibat meninggalkan lelaki ketika hendak menikah. Untuk mengetahui lebih lanjut Maggie, ia pergi ke Maryland dan menghabiskan waktu dengan Maggie. Tak disangka, keduanya pun malah saling jatuh cinta. Maggie kemudian mendatangi rumah Ike di New York City dengan membawa sebuah cincin dan juga sepatu lari. Tujuannya untuk menunjukan kepada Ike bahwa Maggie tidak akan lari lagi dari pernikahan. Ia pun berlutut dan meminta Ike menikahinya, dan mengungkapkan perasaannya yang selama ini ia sangkal untuk Ike.

5. Sweet Home Alabama

Andrew Hennings, yang diperankan oleh Patrick Dempsey, merencanakan sebuah kejutan untuk kekasihnya, Melanie yang diperankan oleh Reese Witherspoon dengan rencana palsu di malam kencannya. Andrew sengaja menyewa sebuah toko perhiasan untuk menyempurnakan kejutannya kepada kekasihnya tersebut. Ketika ia sampai di toko perhiasan Tiffany dan Co. Andrew pun berlutut di hadapan Melanie dan mengatakan, “Pilih satu.” Kemudian Melanie pun menerima tawaran Andrew tersebut. (tom)