Nama Benny Fajarai tengah ramai diperbincangkan. Pria berusia 25 tahun ini merupakan pendiri kreavi.com dan co founder sekaligus CEO situs qlapa.com. Namanya mencuat lantaran masuk dalam â??30 Under 30 Asiaâ?? yang dirilis Forbes.

Daftar tersebut merupakan tokoh inspiratif, wirausahawan, inovator, serta pemimpin muda dari berbagai sektor di bawah usia 30 tahun di wilayah Asia. Mereka dianggap sebagai pemimpin menjanjikan, entrepreneur andal, dan game changer, yang dianggap memiliki kualifikasi menjanjikan sesuai dengan rekam jejak mereka selama ini.

Tak hanya Benny, belasan pemuda Indonesia lainnya pun masuk dalam daftar â??30 Under 30 Asiaâ?? yang dilansir Majalah Forbes.

Namun, yang menarik dari Benny, dia sosok yang berasal dari keluarga sederhana. Benny dulu bahkan pernah bekerja sambilan sebagai penjaga warnet di dekat tempat tinggalnya di kawasan Perdana, Pontianak. Ayahnya hanya mantan seorang supir oplet. Namun kegigihan dan kreativitasnya memang tak lagi diragukan.

Instagram
Instagram

Ketua RT sekaligus pemilik warnet tempat Benny dulu bekerja, Erwin Lubis menuturkan jika Benny membantu dirinya menjaga warnet sejak kelas satu SMA. Kedua orang tua Benny selalu menanamkan moral-moral dan prinsip dasar kehidupan. Ketertarikannya pada dunia IT, sudah terlihat ketika memasuki sekolah menengah pertama.

Hingga akhirnya dia mendapat beasiswa bidang IT di Universitas Bina Nusantara. Dari sinilah ia memutuskan menjadi entrepreneur di bidang teknologi.

Pemuda kelahiran Pontianak, 27 April 1990 silam ini menuturkan sejak lulus kuliah dirinya merintis perusahaan yang namanya kreavi.com, sebuah situs jejaring sosial untuk desainer seluruh Indonesia. Melalui Kreavi-lah dia berhasil merangkul 30ribu desainer untuk berkumpul dan menunjukkan karya-karya mereka.

Namun, pada pertengahan 2015, ia kemudian menjual kreavi.com untuk meraih mimpi yang lebih besar dengan melanjutkan bisnis di dunia kerajinan tangan Indonesia. Akhirnya dia mendirikan qlapa.com, sebagai wadah pengrajin untuk memasarkan produk mereka kepada pembeli, pembeli juga lebih mudah menemukan produk-produk unik yang dibuat oleh pengrajin Indonesia. Lewat qlapa.com, dia berharap agar bisa berkontribusi kepada pengrajin dan produk lokal agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat lokal maupun luar negeri.

qlapa.com
qlapa.com

Prestasi yang didapatkan oleh Benny turut membuat bangga seluruh anggota keluarganya, termasuk orang tua Benny. Benny diakuinya selalu mengabari keluarga ketika akan masuk TV maupun diliput media manapun tetapi ketika masuk ke daftar Forbes ia sama sekali tidak memberi tahu keluarga, setelah booming baru keluarga tahu.

Benny berharap di usia mudanya agar selalu meningkatkan kemampuan dan terus berprestasi. Benny kini telah memberi inspirasi kepada kita semua, agar tak pernah menyerah dan selalu ingat perjuangan sang orang tua membesarkannya hingga bisa seperti sekarang.