Tokoh pejabat Indonesia, yang terkuak hanya dari sisi politik atau perilakunya dalam memimpin. Patut diakui, jika para pejabat ini pun tentu ada prestasi yang diraihnya. Kesuksesan para tokoh ini tak lepas dari sosok di balik mereka yang begitu tangguh mendampinginya, yakni istrinya.

Sebagian dari para istri pejabat ini, jarang disorot. Padahal mereka rela ke sana ke mari menemani suaminya berpergian di berbagai acara. Mereka jugalah yang selalu ada menghibur dan mendukung suaminya saat terkena masalah.

Ada potret menarik dari pasangan ini yang dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua, tentang cinta, kesetian dan ketangguhan.

Nah, berikut ini 5 potret keromantisan para tokoh pejabat di negeri ini.

1. Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono

sby romantis

Kisah cinta mantan presiden RI ke 6 ini patut dijadikan panutan. Ani jatuh cinta kepada SBY yang berbadan tegap, tinggi dan tampan, saat mengikuti ayahnya menghadiri acara di kampus AKABRI Magelang. Pasangan ini menikah pada 30 juli 1976. Di usia pernikahan yang hampir mencapai 40 tahun, keduanya tetap mesra sekali di hadapan publik. Keromantisan mereka memang tak lekang oleh waktu, kerap diabadikan oleh Ibu Ani di akun instagramnya.

2. Ridwan Kamil dan Atalia Praratya

ridwan romantis

Pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, kerap menjadi perbincangan hangat di para netizen karena kemesraan yang mereka umbar kadang bikin iri. Kemana pun orang nomor 1 di Bandung ini pergi, sang istri selalu mendampingi. Ridwan Kamil dengan Atalia jatuh cinta pada pandangan pertama saat bertemu dalam sebuah acara pameran. Pasangan yang menikah pada tanggal 7 Desember 1996 ini, telah melalui suka duka kehidupan rumah tangga. Namun kesetiaan keduanya patut diacungi jempol. Saat Ridwan Kamil harus menyandang status pengangguran saat tinggal di Amerika Serikat, dan Atalia melahirkan anak pertamanya di rumah sakit yang diperuntukan khusus untuk orang miskin, mereka tetap bersama dan tak menyerah pada keadaan.

3. Soeharto dan Siti Hartinah

Soeharto Ibu Tien 2

Soeharto dan Ibu Tien menikah lewat perjodohan saat sedang bertugas di tengah karut marut perang melawan Belanda seusai kemerdekaan, oleh keluarga Prawirowihardjo yang merupakan paman sekaligus orangtua angkatnya. Diawali dengan keraguan terhadap Ibu Tien yang lahir dari keluarga bangsawan, sedangkan dirinya hanyalah anak seorang petani, akhirnya gayung bersambut. Pak Harto dan Ibu Tien melangsungkan pernikahan di Solo pada 26 Desember 1947, bertahan hingga maut memisahkan.

4. Basuki Tjahaja Purnama dan Veronica Tan

ahok so sweet
Romantisme ala Ahok memang berbeda dengan pasangan pejabat lainnya. Orang nomor 1 di Jakarta ini memang dikenal tegas dan cukup keras. Namun ternyata dia punya sisi romantis terhadap sang istri yang dinikahinya pada tahun 1997. Pria yang akrab disapa Ahok ini, kerap memberinya pelukan dan kata-kata sayang kepada sang pujaan hati. Ahok pun menerapkan sikap saling percaya, saling mengampuni, serta selalu saling memaafkan. Tak hanya itu saja, ia tak pernah lupa dengan ulang tahun Veronica Tan. Bahkan di satu kesempatan dia pernah nulis di Twitter “Selamat ulang tahun istri tercinta, Veroâ?. Uhhh~

5. Habibie dan Ainun

habibie ainun so sweet

Semua orang tentu setuju jika pasangan ini juaranya terkait romantisme. Keromantisannya ini bahkan pernah dibuat film. Pernikahan yang terjalin sejak tanggal 12 Mei 1962, memiliki kisah rumah tangga mereka benar-benar mengharukan. Habibie dan Ainun pernah merasakan masa susah di negeri orang, Jerman. Saat menjadi orang nomor satu di Indonesia pun, cobaan tak berhenti padam. Hingga maut memisahkan, Habibie tetap setia mengunjungi makam sang istri setiap Minggu untuk mendoakannya dan memberi bunga di atas makam Ainun. Kesetiaan mereka jadi tauladan umat manusia.