Di antara negara-negara yang ada di dunia ini, rupanya ada peringkat yang memperlihatkan tingkat kebahagiaan masing-masing negara. Peringkat kebahagiaan itu dirilis oleh PBB pada tanggal 16 Maret lalu di New York, AS. Berikut adalah 5 negara paling bahagia sedunia, seperti dilansir dari Telegraph, Rabu (30/3/2016).

1. Finlandia

Finlandia (Telegraph)
Finlandia (Telegraph)

Negara ini memiliki kualitas hidup tertinggi oleh Prosperity Index Legatum Institute. Satu hal yang membuat orang Finlandia bahagia adalah keindahan alamnya. Selain itu negara ini juga termasuk ke dalam negara paling damai oleh Global Peace Index.

2. Norwegia

Norwegia (Telegraph)
Norwegia (Telegraph)

Sama seperti Finlandia, Norwegia juga memiliki pemandangan alam yang indah. Norwegia dijuluki ‘The Island of 100.000 Lakes’ karena memiliki banyak danau. Keamanan, kesehatan dan pekerjaan adalah tiga faktor lainnya yang juga menjadi rahasia hidup bahagia di Norwegia.┬áRata-rata jam kerja kantoran di Norwegia adalah 38 jam dalam seminggu. Kalau dibagi selama 5 hari kerja dari Senin sampai Jumat, berarti rata-rata orang Norwegia hanya bekerja 7 jam saja.

3. Islandia

Islandia (Telegraph)
Islandia (Telegraph)

Menawarkan pajak penghasilan yang relatif rendah, pelayanan kesehatan gratis dan pendidikan tinggi untuk warganya, negara Islandia juga telah dinilai sebagai negara yang paling damai di Bumi pada Global Peace Index.

4. Swiss

Swiss (Telegraph)
Swiss (Telegraph)

Swiss memiliki tingkat harapan hidup rata-rata sekitar 82,8 tahun. Ini berarti warganya bisa dibilang memiliki kesehatan yang baik. Negara ini juga memiliki pemerintahan yang memberi perhatian lebih pada warga negaranya serta tidak korupsi.

5. Denmark

Denmark (Telegraph)
Denmark (Telegraph)

Warga Denmark memiliki poin kepuasan hidup sebesar 7,9 dari 10. Alasan lain yang mendasari kebahagiaan warga Denmark ternyata terkait dengan karakter genetik. Dalam penelitian, diketahui bahwa warga Denmark memiliki karakter khusus dalam DNA mereka yang memproduksi hormon serotonin lebih tinggi dibanding warga negara lain. Serotonin merupakan hormon yang bertanggung jawab atas rasa bahagia dan tingkat kepuasan seseorang. Semakin tinggi kandungan hormon serotonin dalam tubuh, semakin bahagia orang tersebut. (tom)