madinews.com

Tak ada yang melarang jika kamu menyukai film-film Hollywood, dan Korea. Namun jangan sampai mengabaikan kualitas film negeri sendiri. Kamu layak tahu kalau banyak film Indonesia yang berkualitas dengan sinematografi yang apik. Bahkan tak sedikit dari film-film tersebut yang ceritanya sarat makna dan sedikit banyak memengaruhi hidupmu.

Film Indonesia yang berkualitas, dengan makna yang kuat, tak akan membuatmu bosan meski ditonton berkali-kali.

Berikut ini 5 film anak bangsa yang tak bosan meski ditonton berkali-kali.

1. Laskar Pelangi

wikipedia
wikipedia

Film yang diangkat dari novel best seller yang berjudul sama karya Andrea Hirata ini memang mengagumkan. Lewat film ini, penonton menjadi ingat bahwa sebagian masyarakat Indonesia, pendidikan menjadi hal yang mewah. Kisah Ikal dan kawan-kawan yang belajar di tengah fasilitas sekolah yang sangat terbatas, membuatmu bersyukur masih bisa belajar di ruang kelas yang kaya fasilitas. Kamu yang bercita-cita menjadi guru pasti akan menjadikan sosok bu Muslimah sebagai panutan.

2. Habibie & Ainun

wikipedia
wikipedia

Kisah romantis mantan presiden RI Habibie bersama sang istri, Ainun, memang luar biasa. Diperankan oleh Bunga Citra Lestari dan Reza Rahardian, film ini penuh dengan unsur romantika yang mengharu biru. Kesetiaan Ibu Ainun, diperankan maksimal oleh BCL. Tak hanya itu, akhir cerita yang menyayat hati, diperankan secara total oleh Reza Hahardian. Meski menontonya berkali-kali kamu tak akan bosan.

3. Rumah Dara

antzmovie
antzmovie

Rumah Dara karya Mo Brothers layak dijadikan sebagai film horor Indonesia yang bisa dikategorikan berkualitas. Akting pemainnya memang total dan maksimal, seperti Julie Estelle dan Shareefa Daanish. Penonton akan dibuat menjerit dan merinding. Tak seperti film horor Indonesia kebanyakan yang dipenuhi dengan adegan dewasa, Rumah Dara justru hadir di layar bioskop dengan cerita yang beda.

4. A Copy of My Mind

provoke-online.com
provoke-online.com

Film karya Joko Anwar yang satu ini memang membanggakan. Lantaran film ini berhasil diputar di berbagai festival film bergengsi dunia, seperti Toronto International Film Festival (TIFF) dan Venice Film Festival 2015 di Italia. Film ini menggambarkan situasi politik Indonesia yang sesungguhnya. Alih-alih menunjukkan kemegahan ibu kota Jakarta, A Copy of My Mind justru menunjukkan kehidupan Jakarta yang sesungguhnya melalui tokoh-tokohnya. Yakni Sari (Tara Basro) yang seorang pekerja salon kecantikan dan Alek (Chicco Jericho) yang seorang pembuat terjemahan dvd bajakan. Ceritanya yang epic dan pemeran yang rupawan, membuatmu tak akan bosan walau menyaksikannya lagi dan lagi.

5. Film-Film Warkop DKI

wikimedia.org
wikimedia.org

Warkop yang terdiri dari 3 pemain Dono, Kasino, dan Indro, salah satu group komedian yang sangat legendaris, bahkan ketiga pelawak ini menjadi inspirasi pelawak pelawak jaman sekarang. Film warkop terkadang masih bisa dilihat di televisi di indonesia. Seberapa kali pun film ini diputar, tetap mengundang tawa dan tak membosankan.