Laku atau tidaknya sebuah film tentunya mempunyai faktor eksternal selain karena ide cerita serta eksekusi film tersebut di pasaran. Salah satu faktor eksternal adalah tingkat popularitas para pemainnya. Ada beberapa orang yang memilih untuk menonton sebuah film karena artis idola mereka yang membintangi film tersebut. Di Korea, seringkali beberapa film yang tidak terlalu laku di negara tersebut tapi ternyata saat diputar di luar negeri malah mendapat sambutan yang sangat tinggi dan laku keras. Biasanya film yang dibintangi oleh bintang hallyu dan idola k-pop sangat laku keras di luar negeri karena mereka punya tingkat popularitas yang cukup tinggi. Berikut ada lima film Korea yang tak laku di Korea tapi laku keras di luar negeri, yaitu:

1. Pure Love

Pure Love (en.wikipedia.org)
Pure Love (en.wikipedia.org)

Film yang memiliki nama lain â??Unforgettableâ?? ini rilis di awal tahun 2016. Pure Love dibintangi oleh D.O EXO dan Kim So Hyun. Film ini tidak terlalu laku di Korea dan juga tidak terlalu menarik perhatian masyarakat Korea. Tapi di luar negeri, Pure Love menjadi salah satu film paling populer yang terjual kepada banyak pembeli internasional di stan penjualan perusahaan LittleBig Pictures di KOFIC. Pure Love berkisah tentang cinta pertama yang baru terungkap setelah 23 tahun berlalu.

2. Glory Day

One Way Trip (asianwiki.com)
One Way Trip (asianwiki.com)

Glory Day yang dibintangi leader Exo, Suho ini tidak mendapat banyak perhatian di Korea, namun sangat sukses di pasar hiburan Hongkong. Selain dibintangi oleh Suho EXO, film ini juga dibintangi beberapa aktor muda dan ganteng seperti Ryu Joon Yeol (Reply 1988), Ji Soo (Cheer Up!), dan Kim Hee Chan (Cheese in The Trap). Glory Day yang memiliki nama lain â??One Way Tripâ?? ini bercerita tentang empat orang pemuda yang melakukan perjalanan satu hari dua malam ke Pohang.

3. Twenty

Twenty (kdramaindo.com)
Twenty (kdramaindo.com)

Twenty yang rilis tahun 2015 yang lalu ini menuai kesuksesan di luar negeri berkat kepopuleran para pemainnya. Twenty dibintangi oleh Junho 2PM, Kim Woo Bin, dan Lee Jun Ho. Film ini berkisah tentang tiga orang lelaki yang bersahabat sejak masih duduk di bangku SMA. Mereka bertiga melalui umur 20-tahunnya dengan penuh cerita dan cobaan hidup.

4. My Briliant Life

My Briliant Life (www.hancinema.net)
My Briliant Life (www.hancinema.net)

Siapa yang kenal dengan Song Hye Kyo, pemeran drama Full House yang kini kembali tenar dengan drama Descendants of the Sun ini sangat dikenal dikancah luar negeri. Dalam film ini, Song Hye Kyo dipasangkan dengan aktor tampan Kang Dong Won. My Briliant Life merupakan kisah keluarga yang mampu membuat kamu tersentuh oleh kisah mereka. Dalam film ini dikisahkan tentang pasangan muda yang memiliki anak diumur mereka yang masih 17 tahun. Anak mereka yang lahir ternyata terkena Progeria Syndrome, yakni sindrom yang membuat wajah dan tubuh anak mereka terlihat lebih tua dari usianya.

5. Love Forecast

Love Forecast (allthingskor.blogspot.com)
Love Forecast (allthingskor.blogspot.com)

Love Forecast alias Todayâ??s Love ini diperankan oleh Lee Seung Gi dan Moon Chae Won. Kepopuleran Lee Seung Gi mampu menjadikan film ini laku keras di luar negeri. Film yang berkisah tentang kisah yang sederhana ini bercerita tentang seorang lelaki yang akan memberikan segalanya saat ia sedang jatuh cinta. Tidak peduli kalau ia akan dicampakkan nantinya, ia selalu memberikan yang terbaik untuk gadis pujaannya tersebut.

Dari kelima film Korea di atas, kira-kira mana yang kamu suka JBers? (jow)