ibnlive.in

Ada saat ketika kamu ingin membantu seseorang yang kurang mampu, tapi bingung bagaimana cara menyalurkannya. Orang yang kelaparan, masih ada di mana-mana. Sesungguhnya kebaikan sekecil apapun, sangat dinantikan oleh mereka yang membutuhkan. 

Pappada Vada, sebuah restoran di Kochi, India mempunyai ide unik untuk membantu memberi makan orang miskin dan tunawisma. Restoran ini menyediakan kulkas sebagai tempat menyimpan makanan sisa pengunjung yang diperuntukan bagi mereka yang membutuhkan.

amazonaws.com

Minu Pauline, pemilik restoran sengaja menaruh kulkas di depan restorannya, agar pengunjung dapat meninggalkan makanan sisa mereka untuk para tunawisma dan mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Kulkas penyimpanan makanan sisa ini dinamakan Nanma Maram. Disebut Nanma Maram, diartikan pula sebagai¬† lemari es ‘Tree of Goodness‘. Restoran yang terletak di Kaloor Kathrikadavu, Kochi ini akan bekerja setiap saat, di sepanjang tahun.

businessinsider.in

Pauline mendapat ide ini ketika pada suatu malam dia melihat seorang perempuan mengais tempat sampah untuk mencari makanan. Saat itulah dia menyadari bahwa masih banyak makanan yang sudah dibuat restorannya namun tidak habis terjual. Akhirnya makanan tersebut sebagian dia diberikan ke perempuan itu.

Tak hanya aksi amal makanan sisa lewat lemari es saja, tapi restoran Pappada Vada menyediakan 50 paket makanan utuh setiap hari.

Meski hanya makanan sisa, tapi pengunjung tetap dituntut untuk memastikan bahwa makanan tetap segar dan bukan porsi ‘acak’, serta dikemas dengan baik.

Sang pemilik restoran berharap agar para tunawisma bisa makan enak seperti apa yang dimakan orang berada. Tak hanya itu saja, tujuan di balik tindakan ini adalah untuk mengurangi pemborosan makanan dan membantu mereka yang membutuhkan makanan.