Terkadang kegagalan dalam menjalin cinta menjadi trauma tersendiri bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, pondasi cinta yang telah susah payah dibangun terkadang hancur begitu saja karena tanpa sadar kita sendirilah yang menghancurkannya. Walaupun ada juga sih beberapa jalinan asmara yang hancur berantakan karena ada serangan dari luar (re: orang ketiga). Aku, kamu, dan dia tentu nggak mau hal ini terjadi kan? Nah guys, kalau nggak mau gagal terus-menerus dalam menjalin cinta, hal-hal ini sebaiknya kamu hindari ya:

1. Realistis

Realistis saja ya guys (worldhealth.net)

Nggak munafik ya, pasti di dunia ini hampir semua orang mengidamkan pasangan yang sempurna, baik fisik maupun pribadinya. List kriteria pasanganmu harus ganteng atau cantik, tajir, baik hatinya, jujur, sopan, pengertian, selalu ada buat kamu, setia, rela melakukan apa saja buatmu, dan lainnya deh. Tapi guys, satu yang harus kamu sadari. Di dunia ini nggak ada yang sempurna, kamu nggak akan menemui semua yang kamu inginkan secara langsung pada diri satu orang. Sampai kucing bisa ngomong â??gue gantengâ?? juga kamu nggak akan berhasil menemukannya. Jadi, kalau nggak mau gagal menjalin cinta, tips pertama sih kamu harus realistis dan jangan membanding-bandingkan ya.

2. Posesif? No!

Nggak ada manusia yang ingin dikekang secara berlebihan, guys (cdn.com)

Duh kalau sikap yang satu ini sih pasti nggak disukai sama siapa pun. Terkadang, sikap ini ditutupi oleh alasan cemburu. Hati-hati guys, cemburu boleh, tapi jangan berlebihan. Jangan semua yang dilakukan oleh pasanganmu lantas kamu curigai. Bagaimana dia bisa betah menjalani hubungan bersama kamu kalau dia nggak diberi kepercayaan?

3. Egois

Jangan ngambek-ngambek terus guys (amazonaws.com)

Ini juga, semua orang sudah tahu kalau egois nggak disukai, tapi masih saja ada yang suka bandel dan bersikap egois. Ayolah, kamu sudah dewasa dan jangan selalu memaksakan kehendakmu agar dia bisa melakukan apapun yang kamu inginkan.

4. Lihat spion terus

Jangan terlalu memikirkan masa lalu yang sebaiknya dilupakan, guys (medicaldaily.com)

Ha? Apa nih maksudnya lihat spion terus? Maksudnya adalah kamu selalu melihat ke belakang, kamu kerap mengungkit masa lalu yang sehrusnya sudah kamu lupakan dan dianggap sebagai pelajaran saja. Hati-hati, kalau kebanyakan lihat spion, kamu bisa-bisa nabrak loh!

5. Nggak mau berkaca

Begini deh kalau kamu nggak mau menyadari kesalahanmu sendiri (tumblr.com)

Lihat spion terus tapi kamu nggak mau berkaca. Hm, kamu sudah sadar nih kalau beberapa sikap negatif ada di kamu tapi nggak mau membenahi diri. Aduh ini yang paling bahaya. Non cantik dan aden ganteng, agar jadi manusia yang lebih baik, yuk kita intropeks diri. Apa saja penyebab kegagalanmu dalam menjalain cinta selama ini. Kurangi deh kadarnya, pasti Tuhan akan segera pertemukan kamu dengan si dia kok.

(anb)