Mineral water (shepleyspring.co.uk)

Sebagai manusia yang mendambakan kesehatan, kita tentu perlu mencukupi segala kebutuhan tubuh kita seperti istirahat, makan, dan minum. Meskipun masih muda tetapi kamu nggak boleh menyepelekan ketiga hal tersebut loh, karena kalau tidak kamu bisa mengalami beberapa keluhan. Jika dikerucutkan lagi menjadi sebuah masalah, kekurangan minum akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Minum bukan sekedar minum loh guys, karena sebenarnya tubuhmu butuh sekali air putih. Kali ini JadiBerita akan memberikan informasi untuk kamu mengenai dampak yang akan terjadi kalau kamu kurang minum air putih:

1. Bau mulut

Bau nggak nafasmu? (teacherlib.org)

Dokter gigi dari Newport Beach, California yang bernama Marshall Young menjelaskan bahwa ketika dehidrasi, produksi air liur akan menurun. Padahal, air liur memiliki sifat antibakteri yang penting bagi kesehatan mulut. Nah, ketika kamu kurang minum air putih, saat itulah serangan bau mulut akan datang menghampirimu.

2. Kulit kering

Kulitmu bukan gurun sahara, say (airbetter.org)

Menurut Anne Marie Tremain, seorang dokter kulit dari California, minum cukup air sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit sehat dan bercahaya. Kebutuhan air putih juga harus disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Saat berolahraga atau saat banyak minum kopi, sebaiknya minum air putih lebih banyak, karena kopi mengandung kafein bersifat diuretik, yang bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Kurang konsentrasi

Nah loh, bahaya kan kalo begini (squarespace.com)

Menurut penelitian, tubuh yang mengalami dehidrasi saat berkendara dapat mengurangi konsentrasi. Penelitian menunjukkan, jumlah kesalahan mengemudi terjadi dua kali lipat selama dua jam ketika pengemudi dehidrasi, yang meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

4. Kelelahan

Minum air putih dulu om, biar nggak lelah (123rf.com)

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Luga Podesta mengungkapkan bahwa dehidrasi bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, denyut jantung meningkat, dan memperlambat aliran darah ke otak. Kurang minum air putih juga membuat otot melemah sehingga saat melakukan aktivitas akan terasa melelahkan. Selain merasa kelelahan, kamu juga akan merasakan pegal-pegal yang cukup berat.

5. Mudah tersinggung

Jangan marah-marah dong (psychologytoday.com)

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, wanita muda yang dehidrasi akan lebih mudah tersinggung, sulit fokus, dan sakit kepala dibanding yang cukup minum air putih. Hayo, kalau kamu saat ini sedang mudah tersinggung, coba perbanyak minum air putih.

(anb)