Pesawat Kertas Ini Bisa Terbang Sejauh 70 Meter, Begini Cara Membuatnya

Hand with paper plane

Tentu kamu saat masih kecil sering membuat pesawat kertas untuk kemudian diterbangkan, entah saat sedang libur, atau saat sedang pelajaran kosong di kelas. Namun seberapa jauh pesawat kertas buatan kamu itu bisa terbang? Biasanya pesawat kertas tak terbang lebih dari 2 meter. Dari situ bisa disimpulkan kalau membuat pesawat kertas itu tidak sembarangan, dan memerlukan ketelitian serta ketepatan melipatnya.

Satu contoh pesawat kertas yang berhasil terbang layaknya pesawat terbang sungguhan adalah pesawat kertas buatan John Collins. Dilansir dari Makingfloss, Jumat (8/4/2016), saking jauh terbangnya (atau melayang), pesawat kertas buatannya itu memecahkan rekor sebagai pesawat kertas yang terbang paling jauh sedunia dari Guinness World Records. Bagaimana tidak, pesawat kertas itu mampu terbang sejauh 226 kaki 10 inci, atau sekitar 68,9 meter. Itu artinya pesawat kertasnya mampu terbang sejauh hampir 70 meter.

John Collins dan pemain American Football (Mentalfloss)
John Collins dan pemain American Football menerima sertifikat Guinness World Records (Mentalfloss)
John Collins (Digg)
John Collins (Digg)

Pesawat kertas buatan John Collins itu diberi nama Suzanne, dan diterbangkan oleh seorang pemain gelandang American Football. Mungkin selain karena faktor yang melempar pesawat kertasnya jago, faktor desain pesawat kertasnya pastinya juga berpengaruh dalam kemenangan mereka hingga bisa masuk rekor dunia ini. Kamu bisa lihat videonya berikut ini.

Setelah melihat videonya, apakah kamu juga ingin membuat pesawat kertas yang bisa terbang sejauh itu? Kini kamu tak perlu lagi bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya, karena jadiBerita akan memberikan kamu cara membuat pesawat kertas ‘ajaib’ tersebut. Silakan ikuti langkah-langkahnya seperti gambar di bawah ini.

Cara membuat pesawat kertas 'sempurna' (Kaskus)
Cara membuat pesawat kertas (Kaskus)

Kurang jelas? Agar lebih jelas, kamu bisa tonton video berikut ini.

Merasa belum cukup memecahkan rekor lewat pesawat kertas buatannya, John Collins membuat gebrakan lain, yaitu dengan membuat pesawat kertas berbentuk unik dan tak biasa. Hebatnya, pesawat dengan bentuk unik itu juga bisa terbang layaknya pesawat kertas biasa. Kamu bisa lihat macam-macam bentuknya lewat video berikut ini.

Melihat pesawat kertas dengan bentuk unik itu, tentunya kamu juga ingin mencobanya sendiri ‘kan? Selamat mencoba. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Single Baru Musisi Indonesia yang Jadi Berita

Kisah Kesederhanaan Bung Hatta yang Patut Ditiru