tempo.co

Berbicara tentang keindahan alam indonesia memang tidak ada habisnya, begitu banyak surga di indonesia yang masih tersembunyi dan belum terjamah. Keindahan alam Indonesia seakan menjadi magnet para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Tanah Air.

Nah, berikut ini 5 surga tersembunyi di Indonesia.

1. Rammang Rammang Maros

www.dzargon.com

Di Sulawesi Selatan, jika kamu mau menengok sedikit lebih dalam, ada surga tersembunyi yang begitu indah, Rammang Rammang Maros. Wisata alam ini persis terletak di dusun Rammang Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa,dapat dijangkau sekitar 1,5 sampai 2 jam dari Makassar.

Keindahan pegunungan Karst yang berupa pegunungan kapur dengan tumbuhan yang hidup subur di permukaan batunya, menjadi fenomena satu-satunya di Indonesia. Tak hanay itu saja, Rammang Rammang Maros juga merupakan pegunungan kapur terluas ketiga di dunia setelah Cina Selatan dan Vietnam.

2. Goa Gong

www.eastjava.com

Goa Gong secara administratif berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan, Jawa Timur. Tak banyak turis lokal maupun mancanegara yang mengetahui keindahan goa yang terletak di Jawa Timur ini.

Dari luar Goa Gong tampak tidak mengesankan. Namun, ketika menelusuri lebih dalam, pemandangan menakjubkan akan terhampar di depan mata, berupa stalagtit dan stalagmit yang terbentuk indah bagaikan pagar-pagar dari kristal. Goa ini, berhasil memegang predikat sebagai wisata goa terindah se-Asia Tenggara. Untuk merasakan pesona Goa Gong Pacitan ini kamu harus menyusuri goa tersebut selama kurang lebih 2 jam terlebih dulu.

3. Pulau Giliyang

Pulau Giliyang berada di wilayah kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur memiliki keindahan tak kalah menariknya. Selain pemandangan yang indah, pulau ini menjadi surganya oksigen. Bahkan diklaim mempunyai kadar oksigen terbaik di dunia, dan kerap dijadikan destinasi wisata kesehatan.

Menurut penelitian, Pulau Giliyang memiliki konsentrasi oksigen sebesar 20,9% dengan level explosif limit (LEL) 0,5%. Nilai kandungan tersebut berbeda dengan wilayah lain yang mempunyai nilai konsentrasi oksigen 20,9% dan LEL 0,0%. Ketika dikaji ulang, hasilnya pun sama yakni oksigen di pulau tersebut antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal.

4. Pulau Rumberpon

Tanah Papua ternyata tak hanya punya Raja Ampat, tersembunyi di utara Kabupaten Teluk Wondama yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari, terdapat surga bagi para penggemar diving. Pulau dengan garis pantai yang cukup panjang ini menawarkan pantai pasir putih yang landai dengan air yang jernih dan ombak yang cukup tenang.

Tak hanya memiliki pantai yang cantik, pulau ini menyimpan padang ilalang dan mangrove. Selain itu, perairan pulau ini juga menyimpan beragam biota laut dan terumbu karang yang masih alami. Adanya hewan langka seperti kuskus, elang laut, penyu, ikan duyung, dan rusa menambah keindahan Pulau Rumberpon sebagai surga Indonesia.

5.Tureloto Nias

pariwisatasumut.net

Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Propinsi Sumatera Utara, berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Gunung Sitoli atau sekitar dua jam dari pusat kota. Pantai Tureloto Nias ini dikenal sebagai Laut Mati versi Indonesia. Meski Pantai Tureloto berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal mempunyai ombak besar, tapi tak akan ada ombak menghampiri Pantai ini.

Tak hanya itu saja, saat kamu menyelam, kamu akan kembali terapung, lantaran kadar garam yang cukup tinggi. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang menyajikan hamparan pasir, tapi di Tureloto, kamu akan menyaksikan keindahan karang yang terbentuk akibat tsunami yang melanda Nias 2005 silam. Keindahan warna perpaduan warna biru laut yang biru dan pasir putih halus yang berkilauan menjadi perpaduan indah mempesona mata.