Hampir setiap saat memegang smartphone sehingga membuat kita tidak bisa lepas dari teknologi tersebut. Bahkan terkadang saat tidurpun kita nggak bisa jauh dari smartphone kesayangan kita, sadar ataupun tidak. Saat tidur kita kerap kali meletakkan smartphone di dekat kita, padahal tindakan tersebut sebenarnya kurang baik loh untuk kesehatan kita guys. Dilansir dari Huffingpost, ini dia efek berbahaya kalau kamu tidur dekat dengan smartphone setiap hari:

1. Gangguan otak

Kamu kerap kali merasa tegang (goodtherapy.org)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur dekat smartphone yang diletakkan bersebelahan dengan kepala dapat menyebabkan gangguan otak. Meletakkan smartphone dekat dengan tubuh saat tidur akan menyebabkan seseorang terkena Hypervigilance, yakni gejala otak yang dapat membuat seseorang mengalami rasa tegang dan kewaspadaan secara terus menerus.

2. Kualitas tidur menurun

Kualitas tidur malam menurun, jadi begini deh akibatnya (boldsky.com)

Selain memberikan dampak berkala ke otak, kebiasaan tidur bersama smartphone di atas ranjang dapat mengakibatkan gangguan tidur secara terus menerus. Sebuah studi yang melakukan penelitian tentang kebiasaan para pekerja yang menggunakan smartphone sebelum tidur, yang kemudian hasil dari penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal “Organizational Behavior and Human Decision Processes” pada Januari 2015, menemukan bahwa penggunaan smartphone di atas jam 9 malam dapat menurunkan kuantitas tidur di malam hari, bahkan dapat menyebabkan kinerja di tempat kerja memburuk di pagi hari.

3. Gangguan ritme tubuh

Kamu akan mengalami disorientasi waktu (independenttraveler.com)

Seorang Profesor Kedokteran yang meneliti ritme tidur dari Harvard University, bernama Dr Charles Czeisler mengungkap bahwa cahaya yang dipijarkan smartphone juga menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang. Hal tersebut dapat memanipulasi tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang, dengan kata lain dapat membuat pengguna mengalami disorientasi waktu.

 (anb)