http://panbudan.com

Punya kamar berantakan memang bikin pusing. Padahal kamar menjadi tempat yang paling berguna untukmu. Alhasil kamu harus membersihkannya terus menerus. Namun sesungguhnya, kamar terlihat rapi bukan karena dibersihkan setiap jam, tapi tata letak dan desain yang diterapkan itu tepat.

Tak hanya tata letak, berikut ini tips sederhana agar kamarmu tetap rapi meski tak selalu dibersihkan.

Manfaatkan tempat sesuai fungsinya

Ukuran kamar bukan halangan untukmu dapat membuat kamar lebih tertata. Buatlah kamarmu nyaman dengan cara meletakan posisi barang sesuai fungsinya. Jangan sampai kamu merias wajah di tempat tidur, menyimpan handuk sembarangan, dan aneka perbuatan lainnya yang tak sesuai porsi.

Jangan Biarkan ada ruang kosong yang tak berguna di dalam kamar

Tak hanya memanfaatkan fungsi kamar, kamu juga harus memperhatikan fungsi peletakan ruangan dengan menggunakan ruang yang tepat. Artinya kamu jangan sampai membiarkan ada ruang kosong yang fungsinya tak jelas. Sebab ketika ada satu saja ruang yang tak punya fungsi spesifik, maka kamu akan menggunakannya sebagai tempat menaruh barang sembarangan. Pojok kamar misalnya, yang biasa kamu gunakan untuk menaruh sembarang benda.

Letakan barang di tempat terjangkau

Sudah bukan rahasia lagi jika kamu menyimpan barang-barang sembarangan. Melempar pakaian sesuka hati, menumpuk baju kotor di sudut kamar, bahkan membiarkan handuk tergeletak begitu saja di kasur. Maka agar situasi ini tak terjadi, kamu harus mengelompokkan barang-barang itu terlebih dahulu, lalu buat gantungan baju terlihat oleh mata telanjang. Ini membantumu untuk taat pada tata letak kamar.

Lebih lihai dalam melipat pakaian yang benar

Gunakan kemampuanmu dalam melipat pakaian dengan benar agar lebih rapi. Jika kamu ingin barang-barangmu tetap rapi meski lemarimu sempit, kamu wajib tahu cara melipat yang praktis. Caranya tak sulit kok, pertama-tama kamu liat kaosmu menjadi dua secara horisontal. Lalu lipat bagain lengan. Setelah itu barulah kamu lipat secara vertikal. Nah, barulah kamu pak pada lemari pakaian dengan tegak. Dengan teknik ini, dijamin ruang lemarimu yang sempit bisa menampung banyak pakaian koleksimu.

Yang terpenting, Jangan menaruh sembarang benda di atas meja

Kembali ke awal, ingat fungsi utama suatu benda. Meja adalah tempatmu belajar atau sesekali berhias. Maka benda-benda di sana pun harus sesuai dengan fungsi apa yang kamu gunakan. Jangan mengganggunya dengan kabel berserakan, seperti charger handphone, kertas-kertas bekas tugas kuliah, hingga tisu bekas. Kondisi ini selain berantakan, juga akan menghambat kinerja.