Danau dengan warna pink mungkin terdengar tidak masuk akal, seperti danau dalam cerita-cerita fantasi. Tetapi di dunia ini ternyata benar-benar ada danau berwarna pink. Bahkan ada beberapa danau yang berwarna pink. Dilansir jadiBerita dari BBM Live, Jumat (15/4/2016), berikut adalah 5 danau berwarna pink yang memiliki pemandangan indah.

1. Danau Retba, Senegal

Danau Retba (Lakeretba)
Danau Retba (Lakeretba)

Danau Retba terletak di Semenanjung Cap Vert, 21 kilometer dari Dakar, Senegal. Danau tersebut berhimpitan dengan Samudera Atlantik, hanya dipisahkan dengan dataran berpasir. Danau ini masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Danau ini mengandung kadar garam sangat tinggi, yaitu 40 persen.

2. Dataran Garam Torrevieja

Dataran Garam Torrevieja (Merdeka)
Dataran Garam Torrevieja (Merdeka)

Dataran garam ini terletak di Salinas de Torrevieja, kota kecil di Spanyol. Kota ini tidak hanya memiliki satu danau berwarna pink, tetapi dua sekaligus. Air kedua danau di sana mengandung ganggang yang mampu memproduksi pigmen warna merah jika terkena sinar matahari.

3. Dusty Rose Lake, Kanada

Dusty Rose Lake (Profudegeogra)
Dusty Rose Lake (Profudegeogra)

Danau ini terletak di dataran tinggi, dekat perairan yang menuju ke Bella Coola, Kanada. Kalau dua danau di atas memiliki warna pink yang terbentuk dari ganggang dan bakteri yang menyukai air berkadar garam tinggi, sebaliknya Dusty Rose Lake tidak mengandung garam, bakteri, atau ganggang yang serupa. Danau ini mendapatkan warna merah mudanya dari gletser. Gletser yang letaknya di dekat danau ini memiliki warna kemerahan. Lelehannya mengalir ke danau tersebut dan menciptakan danau berwarna merah muda yang cantik.

4. Danau Masazir, Azerbaijan

Danau Masazir (Neounique)
Danau Masazir (Neounique)

Terletak di dekat Masazir, kota suburban di Baku, Azerbaijan. Warna merahnya disebabkan karena bakteri halofili. Jika terkena sinar matahari warnanya akan berubah menjadi merah. Danau ini merupakan sumber penghidupan bagi warga yang tinggal di sekitarnya.

5. Danau Hillier, Australia Barat

Danau Hillier (Liputan6)
Danau Hillier (Liputan6)

Danau Hillier terletak di Middle Island, pulau terbesar di Kepulauan Recherche, Australia Barat. Danau sepanjang 600 meter ini airnya mengandung garam dengan konsentrasi tinggi. Meskipun tidak diketahui pasti sumber warna merah muda Danau Hiller, tetapi diduga warna pink cantik tersebut berasal dari ganggang merah atau bakteri halofili, sejenis bakteri yang biasa hidup di air berkadar garam tinggi. (tom)