Banyak statement mengatakan jika agar sukses haruslah pandai bergaul, mengikuti berbagai macam organisasi, dan punya link di mana-mana. Kini anggapan ini terpatahkan berkat 5 cowok yang punya sifat tertutup dan cenderung kuper, tapi super sukses. Kesuksesan mereka bahkan mengalahkan orang-orang yang punya segudang aktivitas.

Siapa saja mereka? Yuk simak.

Bill Gates

Bill Gates (ilmusdm.com)

Siapa sih yang tak kenal Bill Gates? Bos besar Microsoft yang super sukses, super kaya, baik hati dan mulia bernama asli William Henry Gates III. Konon Bill Gates yang memang cerdas sejak kecil, tapi dia sering mengalami kesulitan bergaul di sekolahnya karena sifatnya yang tertutup. Sejak saat itu orangtuanya memindahkan Gates ke sekolah khusus cowok di Lakeside. Namun tak berhasil, karena Gates tetap jadi anak pemalu. Kabarnya, hingga kini Gates tetaplah sosok yang introvert, meski kadarnya sudah berkurang.

Albert Einstein

englishbookgeorgia.com

Albert Einstein, fisikawan yang penemuan-penemuannya dijadikan dasar dari ilmu pengetahuan modern sekarang ini, sering dianggap sebagai seorang introvert. Seperti juga kebanyakan introvert lainnya, Einstein selalu melakukan pemikirannya sendiri, hingga ia sendiri berani bilang: â??Suasana sepi dan monoton dari kehidupan yang tenang merupakan kunci dari pemikiran yang kreatif.â?

Abraham Lincoln

cloudfront.net

Presiden ke-16 Amerika Serikat, Abraham Lincoln juga seorang introvert, lho. Abraham Lincoln terpacu dengan kata â??Kebudayaan dari sebuah Karakter,” yakni sebuah kebudayaan yang sangat menghargai tindakan baik, khususnya jika tindakan tersebut dilakukan secara diam-diam, yang sedang tersohor kala itu. Dia akhirnya dipuja sebagai sebagai seorang presiden yang dapat â??memerintah tanpa adanya superioritas.â?

Mahatma Gandhi

politicoscope.com

Mahatma Gandhi, pemimpin nasionalisme India yang menghasilkan kemerdekaan India dan merupakan inspirasi dari pergerakaan hak dan kebebasan sipil di seluruh dunia. Gandhi merupakan salah satu bukti positif yang benar-benar menunjukkan bahwa kamu nggak perlu menjadi seorang  yang menonjol seperti para ekstrovert, terutama dalam memimpin orang-orang.

Kata-kata Gandhi yang terkenal, â??In a gentle way, you can shake the world.” Artinya, dengan cara yang lembut, kamu bisa menggoyahkan dunia.

Warren Buffet

moneycrashers.com

Warren Edward Buffet adalah investor, triliuner dan dermawan asal Amerika yang kekayaanya pada tahun 2013 masuk sebagai orang ke-4 terkaya di dunia. Buffet kaya atas kepemilikan saham dan jabatannya di Berkshire Hathaway, perusahaan konglomerat multionasional yang berjalan dalam bidang investasi dan ansuransi, dimana beberapa investasinya ada di IBM, coca-cola, dan American Express.

Warren Buffet memang terkenal dengan karakter introvertnya. Hanya saja ia mampu memanfaatkan karakternya ini dengan sangat baik melalui ketekunan, pemikiran bijaksana dan tahu kapan ia harus bertindak. “untuk menjadi sukses dalam investasi, tidak ada hubungan dengan IQ, yang diperlukan adalah kepintaran umum dengan temperamen yang baik untuk mengaturnya.” Ujarnya.