Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta, Jawa Tengah. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, daun jati, serta aneka bumbu-bumbu lainnya. Gudeg yang terkenal akan citarasa manisnya ini ternyata memiliki dua jenis, yakni gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg basah adalah gudeg yang disajikan dengan kuah areh encer sementara gudeg kering adalah gudeg yang disajikan dengan kuah areh sangat kental. Gudeg biasa dimakan dengan pelengkap lauk yang beraneka ragam, mulai dari opor ayam, krecek, telur pindang, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang lagi kangen dengan Yogyakarta dan ingin makan gudegnya, kamu bisa berburu gudeg loh di Jakarta. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi gudeg maknyus di Jakarta untuk kamu JBers!

1. Gudeg Kandjeng, Hang Tuah

Gudeg Kandjeng, Hang Tuah (ioflife.com)
Gudeg Kandjeng, Hang Tuah (ioflife.com)

Gudeg Kandjeng berlokasi di Jalan Hang Tuah X, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Bagi kamu yang suka main ke Bulungan, tempatnya pas berada di samping lapangan tenis Bulungan. Tipe gudeg di sini nyemek dengan rasa yang tak terlalu manis. Warnanya merah dengan tekstur nangka muda kenyal. Campuran gudeg berupa daun singkong rebus dan siraman kuah areh yang menambah citarasanya. Tidak ketinggalan pelengkap sambal krecek dengan potongan tahu, telur pindang dan tahu putih. Gudeg Kandjeng buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00 malam.

2. Gudeg Pak Atmo, Gandaria

Gudeg Pak Atmo, Gandaria (food.detik.com)
Gudeg Pak Atmo, Gandaria (food.detik.com)

Letak Gudeg Pak Atmo ini berada di Jalan Gandaria 1 No.2, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Dari nama warungnya sudah jelas gudeg jadi menu paling terkenal di sini. Menu gudeg di sini juga tidak terlalu manis dan agak basah. Potongan nangka kecil-kecil bertekstur empuk. Dilengkapi kuah areh, telur pindang, sambal goreng krecek dan sayur singkong rebus. Dijamin kamu pasti ketagihan. Gudeg Pak Atmo buka dari jam 08.00-17.00 sore setiap harinya.

3. Rumah Makan Yogya, Tebet

Rumah Makan Yogya, Tebet (myeatandtravelstory.wordpress.com)
Rumah Makan Yogya, Tebet (myeatandtravelstory.wordpress.com)

Rumah Makan Yogya ini sudah ada sejak tahun 1970an loh JBers. Salah satu yang unik dari Rumah Makan Yogya adalah sajian lontong gudeg komplet. Lontongnya lembut dengan lauk gudeg setengah kering yang agak manis. Ada pelengkap opor ayam, tahu, sambal goreng krecek dan kacang tolo yang bisa kamu pilih. Lontong gudeg ini ditambahkan guyuran kuah opor legit dengan topping sambal kacang sebagai penyempurna makanan ini. Letaknya berada di Jalan Tebet Barat Dalam VII/27, Jakarta Selatan. Setiap harinya, RM Yogya buka dari pukul 08.00-20.00 malam.

4. Gudeg Bu Tjitro, Pondok Bambu

Gudeg Bu Tjitro, Pondok Bambu (plus.google.com)
Gudeg Bu Tjitro, Pondok Bambu (plus.google.com)

Gudeg Bu Tjitro asal Jogja ini sudah menjual gudeg sejak tahun 1925. Salah stau inovasinya adalah gudeg dalam kaleng yang bisa kamu bawa pulang. Di Jakarta, Gudeg Bu Tjitro ini buka di jalan Pahlawan Revolusi No.2A, Pondok Bambu Jakarta Timur. Isi paket gudeg kompletnya adalah nasi, ayam, krecek kenyal, gudeg gurih manis, telur, ati dan ampela. Gudeg Bu Tjitro ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.30 kecuali hari minggu.

5. Nasi Gudeg Jogja Bu Hani, Warung Buncit

Nasi Gudeg Jogja Bu Hani, Warung Buncit (www.jenzcorner.net)
Nasi Gudeg Jogja Bu Hani, Warung Buncit (www.jenzcorner.net)

Lokasi Nasi Gudeg Jogja Bu Hani berada di Jalan Buncit Raya No.22, Jakarta Selatan. Tepatnya berada di samping SPBU Buncit Indah, depan gedung Inti Fauzi. Gudeg di sini merupakan gudeg kering dengan areh kental. Lauknya terdiri dari opor ayam, opor ati ampela, krecek, telur pindang, daging rendang, tahu dan tempe bacem, kerupuk udang, emping, peyek, dan sambal terasi. Kamu tinggal pilih saja sesuai selera kamu JBers. Jam bukanya mulai dari pukul 07.00-18.00 sore.

Dari kelima gudeg maknyus di atas, kamu ingin coba yang mana JBers? (jow)