Membuat video traveling (www.adorama.com)

Saat traveling, tentunya kamu ingin mengabadikan moment penting untuk didokumentasikan, baik itu berupa foto maupun video. Mendokumentasikan perjalanan liburan lewat foto memang lebih banyak disukai, selain karena lebih gampang, foto juga mudah diedit sesuka hati. Tapi tak ada salahnya khan kalau kamu mendokumentasikan perjalanan liburan kamu lewat video. Kelebihan utamanya adalah kamu bisa mengenang secara keseluruhan perjalanan kamu dan menangkap moment-moment yang tak bisa ditangkap oleh foto seperti suara. Untuk menghasilkan video traveling yang lebih oke, Jadi Berita punya beberapa tips mudah untuk kamu JBers. Ini dia tipsnya!

1. Konsep Video

Konsep Video Timelapse (paulstamatiou.com)
Konsep Video Timelapse (paulstamatiou.com)

Tidak jauh berbeda dengan foto, membuat video traveling juga memerlukan konsep video yang baik. Konsep yang dimaksud adalah kamu ingin tipe video seperti apa? Ada jenis video dokumentasi, video liputan destinasi, video timelapse alias video footage tentang keindahan destinasi wisata yang kamu kunjungi, atau kamu ingin membuat video keseruan perjalanan bersama dengan teman-teman kamu. Menentukan konsep video akan membuat kamu lebih fokus.

2. Ambil Scene Video Sebanyak Mungkin

Mengambil Scene Sebanyak Mungkin (travelblog.goaheadtours.com)
Mengambil Scene Sebanyak Mungkin (travelblog.goaheadtours.com)

Mengambil scene sebanyak mungkin akan membuat kamu memiliki banyak pilihan saat kamu mengedit video nanti. Saat mengambil video, kamu tentunya akan merasa kalau sudah memiliki scene-scene video yang cukup, namun ternyata saat kamu mengeditnya ada banyak yang kamu buang karena hasilnya tidak bagus. Ujung-ujungnya kamu hanya punya video dengan durasi yang sangat minim dan tidak memuaskan.

3. Bawa Baterai Cadangan

Baterai Kamera (rolfrecommends.com)
Baterai Kamera (rolfrecommends.com)

Membuat video tentunya membuat baterai kamera cepat boros, jadi kamu harus selalu membawa baterai cadangan minimal satu buah. Disarankan membawa dua baterai cadangan kalau-kalau kamu khilaf karena terlalu asik merekam video. Tidak seru bukan kalau saat sedang asik-asik merekam video traveling, tiba-tiba baterai kamera kamu habis.

4. Cari Angle Menarik

Mencari Angle Terbaik (www.hostelworld.com)
Mencari Angle Terbaik (www.hostelworld.com)

Mencari angle yang menarik tentunya mampu menciptakan sudut pandang yang berbeda sehingga video traveling yang kamu hasilkan juga berbeda. Jika kamu belum menemukan angle yang menarik, kamu bisa mencoba beberapa angle sehingga bisa kamu pilih yang terbaik saat mengeditnya nanti. Disarankan sebelum traveling, kamu mencari referensi ragam angel video traveling dari Youtube terlebih dahulu agar bekal pengetahuan video kamu lebih oke.

5. Memilih Kamera

Poket Kamera (www.pocket-lint.com)
Poket Kamera (www.pocket-lint.com)

Jika kamu berpikir kalau video traveling yang bagus tergantung dari jenis kameranya. Belum tentu loh JBers. Jika tema video tidak terarah serta angle video yang dihasilkan tidak bagus, secanggih apapun kamera yang kamu gunakan tidak akan menghasilkan video traveling yang oke. Kamu bisa menggunakan kamera poket, DSLR yang entry level, atau action camera yang belakangan sedang marak dikalangan para traveler. Agar hasil video traveling kamu tidak goyang, gunakan tripod atau stabilizer untuk kamera.

Sudah tahu khan JBers tips-tips membuat video traveling yang lebih oke. Apapun jenis video traveling kamu, usahakan buat video traveling yang bisa berguna untuk orang banyak. Happy traveling JBers! (jow)