Ilustrasi: shopify.com

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling sering tumbuh di wajah dan kerap mengganggu hingga mengurangi rasa percaya diri seseorang. Jerawat timbul lantaran pori-pori kulit yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya semacam benjolan berwarna merah yang mengandung nanah.

Hampir semua orang pernah mengalaminya. Ternyata jerawat pun ada jenis-jenisnya. Ada yang bisa melakukan perawatan sendiri atau dengan obat yang ada di pasaran tapi ada juga yang memang harus dilakukan oleh dokter. Nah, yuk simak 5 jenis jerawat yang perlu diketahui.

Blakchead

Blackhead lebih kita kenal dengan komedo. Bentuknya seperti bintik-bintik hitam yang ada dipermukaan kulit wajah. Jerawat ini terbentuk karena lemak yang berlebih dan kulit mati. Reaksi antara minyak dan udara menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam ini.

Munculnya jerawat jenis ini saat kamu sering terpapar oleh sinar matahari, kena polusi udara, dan malas membersihkan muka. Agar terhindar dari jerawat jenis ini, kamu harus pandai-pandai membersihkan muda, sedangkan obatnya bisa kamu temukan di pasaran.

Nodules

jerawatbatu.org

Nodules lebih kita kenal dengan jerawat batu. Berbentuk jerawat yang besar, membengkak dan ketika disentuh benjolannya sedikit keras. Umumnya jerawat jenis ini berkembang di bawah jaringan kulit sehingga sering terasa sakit kalau disentuh. Nodules dikenal pula dengan sebutan Cystic Acne yang disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal.

Jerawat ini tergolong jenis jerawat parah. Maka perlu obat jerawat dengan kadar yang kuat atau langsung melakukan konsultasi ke dokter kulit.

Juvenil

Jerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil. Jerawat tipe juvenil merupakan perkembangan dari hormon jadi harus di atasi dengan cara yang alami, jangan menggunakan cara berbahaya.

Untuk mengatasi jerawat ini kamu bisa menggunakan sabun wajah yang memiliki PH seimbang atau sabun bayi transculent.

Vulgaris

pimplespictures.com

Jerawat vulgaris bisa dikatakan sebagai kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Vulgaris disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, ketidakcocokan atas produk kosmetik serta kulit mati.

Pengobatan yang tepat untuk jerawat jenis ini yaitu dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat akan membaik seiring berjalannya waktu, kok.

Jerawat Kista

Jerawat jenis ini ukurannya besar dan membengkak. Selain ada benjolannya dia pun terlihat ada nanahnya. Seperti juga nodules jerawat ini sering terasa sakit kalau disentuh. Boleh dibilang jerawat seperti ini termasuk jenis jerawat yang parah. Kalau kita udah kena jerawat seperti ini sebaiknya berobat ke dokter kulit.