yourtango.com

Hampir semua orang mengerti apa artinya mencintai orang lain. Mereka mampu mengenali perasaan-perasaan emosional yang muncul terhadap orang lain.

Selama ini, kamu tentu sudah melewati perjalanan panjang untuk belajar dengan baik cara mencintai orang lain. Akan tetapi, bagaimana dengan kemampuan kita mencintai diri sendiri? Tanpa kamu sadari, kamu terlalu sibuk mencintai makhluk lain atau mencintai dunia, tapi lupa mencintai diri sendiri.

Padahal mencintai diri sendiri tidaklah sulit. Yuk mulai sekarang cintai diri sendiri. JadiBerita telah merangkum dari berbagai sumber 5 cara yang dapat kamu lakukan agar lebih mencintai diri sendiri.

Perbaiki Pola Pikirmu Terhadap Diri Sindiri

leadchangegroup.com

Ada kalanya pikiran kita dipenuhi dengan hal-hal negatif tentang diri sendiri. Kamu takut mengecewakan orang lain, kamu sering khawatir tentang penilaian orang lain tentangmu. Kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk menghilangkan pikiran negatif tentang diri sendiri. Nah, mulai sekarang ubah pola pikirmu, tak usah peduli tentang padangan negatif mereka, ya.

Look at Yourself

theathenanetworkreading.wordpress.com

Coba perhatikan dirimu secara seksama, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki sambil memikirkan hal bagus yang terjadi kepada dirimu. Meski ada kelemahan, tapi mulai sekarang yakinlah bahwa dari setiap bagian dirimu ada manfaat dan kelebihannya. Dengan meyakini hal ini, kamu bisa lebih menikmati apa yang menjadi milikmu, bahkan bagian tubuh yang selama ini sering dikeluhkan.

Beri Penghargaan kepada Diri Sendiri

lifestyle.com.au

Hal ini bisa jadi yang paling menyenangkan, yakni memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Jika kamu berhasil meraih pencapaian, prestasi, atau keberhasilan, sekecil apapun itu, rayakan dengan hal yang paling kamu sukai. Misalnya dengan membeli buku yang kamu sukai, menonton acara TV atau film kesukaan, dan pergilah berlibur sendirian!

Menikmati Pujian yang ditujukan kepada dirimu

drkatharina.com

Penilaian orang ada kalanya memang penting untuk membentukmu menjadi pribadi yang lebih baik. Saat menerima pujian, jangan malu-malu untuk menerima pujian itu. Jika teman memuji tubuh mungilmu, meski dalam hati kamu ingin punya tubuh tinggi semampai, jangan sampaikan keinginan tersebut. Kamu hanya perlu menerima pujian tersebut karena akan membuatmu merasa dihargai. Lama-lama kita jadi menerima diri sendiri apa adanya.

Selalu Berbagi dan Bersyukur

flickr.com

Tanpa disadari kita selalu lupa bersyukur terhadap diri sendiri. Padahal dengan bersyukur ada manfaat besar secara batin yang dapat kamu rasakan. Kamu melihat orang-orang di sekitarmu yang jauh kurang beruntung dibandingkan dirimu sendiri. Adakalanya kamu perlu berjalan-jalan sendirian menyaksikan betapa banyaknya orang yang tak seberuntung dirimu. Dalam waktu yang sama kamu harus berbagi dan bersyukur. Maka di sanalah kamu akan mendapat kepuasan batin dan lebih mencintai diri sendiri. Simple bukan?