Berlibur dan melakukan berbagai kegiatan di alam bebas memang sangat menyenangkan. Mendaki gunung, bersepeda, menjelajah hutan, atau menyusuri pantai akan melepaskan segala kepenatan dan menghilangkan stress.

Namun ada kalanya saat menempuh tempat tujuanmu, malah dilanda stress tambahan, misalnya tersesat. Alih-alih menyenangkan, yang ada malah kamu dibuat bingung. Nah, daripada stressmu, sebelum melakukan kegiatan di alam bebas, lebih baik lengkapi dulu gadgetmu dengan beberapa aplikasi berikut ini.

1. MapMyHike

zopini.com

MapMyHike merupakan aplikasi yang dapat mencatat rute hiking-mu lengkap dengan kecepatan, jarak, jumlah kalori yang dibakar, dan peta navigasi. Aplikasi ini tersedia untuk Android maupun iOs, dan dapat di unduh dengan gratis.

2. First Aid

oneclickroot.com

Resiko kecelakaan tentu akan membayangi kamu saat melakukan traveling. Terutama saat kamu berada di lokasi yang jauh dari pelayanan umum seperti rumah sakit dan kantor polisi. Maka sebelum semuanya buyar, kamu haruskan mewaspadainya, salah satunya dengan memasang aplikasi First Aid pada smartphonemu.

First Aid merupakan aplikasi pertolongan pertama yang menyajikan cara-cara mengatasai berbagai situasi darurat. Seperti ketika mengalami patah tulang, pendarahan, asma, terbakar, hypothermia, dan lain-lain. Untuk memudahkan pengguna, aplikasi ini menampilkan grafik pertolongan yang jelas. Aplikasi ini gratis dan bebas iklan, bisa digunakan untuk iOS dan Android.

3. SAS Survival Guide

outdoortravelgearblog

SAS Survival Guide merupakan aplikasi yang menyediakan petunjuk cara bertahan hidup di alam bebas d alam berbagai medan. Melalui aplikasi ini kamu dapat tetap bertahan meski berada di perkemahan, di laut, di gurun, di hutan, bahkan perkotaan sekalipun. Aplikasi ini mudah digunakan karena berbagai macam tips disajikan dalam bentuk gambar atau video. Aplikasi ini tersedia gratis bagi pengguna gadget iOS dan Android. Namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, terdapat aplikasi berbayar seharga Rp69 ribu hingga Rp79 ribu.

4. AccuWeather

theunlockr.com

Kondisi cuaca merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan outdoor. Hal yang buruk akan terjadi jika kamu terjebak dalam cuaca yang tak mendukung. Maka kamu perlu mengunduh aplikasi perkiraan cuaca untuk mengetahui informasi cuaca terbaru. Accu weather adalah aplikasi yang memberikan perkiraan cuaca beberapa jam kedepan atau beberapa hari kemudian disuatu lokasi. Meskipun belum tentu 100% akurat, tapi aplikasi ini cukup membantu saat berkegiatan di alam liar.

5. SkyMap

androidai.lt

Aplikasi menjadi aplikasi paling menyenangkan yang akan menemanimu saat traveling. Sebab lewat aplikas ini kamu akan melihat aneka bintang-bintang. Saat malam tiba, arahkan SkyMap ke langit. Aplikasi ini bisa mengidentifikasi rasi bintang, planet, dan benda lain yang terlilihat di langit. Dengan SKyMap, kamu akan menyaksikan keindahan bintang dan membedakan rasi bintang orion, lepus, dan eridanus. Luar biasa bukan?