Iliustrasi: alumnicuza.org

Indonesia memang tak pernah kehabisan talenta muda. Salah satunya Andreas Rizano Riyadi, bocah berusia 14 tahun ini merupakan sineas muda berbakat dalam pembuat film pendek. Tercatat sudah sebanyak 13 film pendek yang dikemas dan diunggah ke situs berbagi, Youtube.

Andreas memang mahir membuat film pendek yang ia direct sendiri. 13 film pendek yang ia buat kesemuanya bercerita tentang fenomena sosial kaum urban. Film yang ia unggah, mendapat respon baik masyarakat. Kini namanya ramai diperbincangkan.

Andreas Rizano Riyadi (pikiran-rakyat)

Film pendek pertama yang ia buat bertajuk tipe-tipe Orang Memberi Pengemis. Film ini bercerita tentang bagaimana ragam atau tipe-tipe orang saat memberi uang kepada pengemis. Ada yang ngasih koinan, ada yang ngasih Rp 200, ada juga yang hanya senyum aja. Menurut Andreas senyum pun merupakan bentuk pemberian.

Youtube

Andreas yang saat ini baru duduk di kelas 2 SMP mengaku ide cerita film buatannya didapatkannya secara spontan, dari kesehariannya atau melihat keadaan sekitar. Uniknya, saat proses syuting Andreas mengaku tak membutuhkan naskah. Dalam penggarapannya dirinya mengaku memulai secara otodidak dan hanya menggunakan handphone.

Kegemarannya terhadap dunia film, berawal rasa kagumnya pada Raditya Dika. Tak bisa dipungkiri, Radit memang multitalent dan tergolong sineas yang sukses dengan beberapa film garapannya pun masuk box office.

Andreas pun punya impian ingin main film bareng sama Radit. Impian Andreas menjadi entertainer nampaknya sebentar lagi akan terwujud. Salah stasiun TV swasta sudah mengajukan tawaran kepadanya untuk ikut serta dalam program sitkom yang dalam waktu dekat akan diproduksi.

Namun sebagai seorang siswa, Andreas pun punya harapan yang luar biasa. “Saya ingin naik kelas, tidak cuma jadi seleb Youtube saja. Saya juga akan banyak bikin film pendek lagi, kolaborasi sama youtubers yang lain,” pungkas Andreas.