internationalculinarycenter.com

Siapa yang tak ingin belajar di luar negeri? Namun kendala biaya biasanya yang menjadi penghambat mimpi ini. Maka dari itu orang-orang berburu beasiswa agar impiannya ini tercapai.

Akan tetapi mendapat beasiswa bukanlah hal mudah apalagi jika beasiswa itu sangat diminati orang lain juga. Jangan putus semangat! Tak perlu bersaing dengan ribuan pendaftar Chevening, Erasmus Mundus, ADS, atau beasiswa lain yang bejibun peminatnya, sebab ada juga beasiswa berkualitas yang belum terkenal dan siap kamu lamar.

Nah berikut ini telah dirangkum 5 beasiswa yang kurang terdengar tapi tetap berkualitas.

1. Beasiswa parsial dari UNICAL, Italia

Universita Della Calabria (UNICAL). kampus yang berada di provinsi Calabria, sebelah selatan Italia ini setiap tahunnya menawarkan 80 kursi beasiswa untuk jenjang S2 bagi mahasiswa asing dari seluruh dunia. Beasiswa yang ditawarkan mencakup asrama dan makan gratis di kantin kampus selama 2 tahun-an.

Walau kamu harus bayar sendiri biaya kuliah yang jumlahnya 650 euro/tahun (Rp10 jutaan) beasiswa ini perlu kamu pertimbangkan. Pada tahun pertama biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih 30 juta. Untuk tahun kedua, jika nilaimu mencapai target, maka kamu bisa mendaftar beasiswa Centro untuk membantu membiayai studi tahun keduamu di sana

Pendaftarannya sendiri layaknya beasiswa lainnya. Dokumen seperti TOEFL, CV Europass (Standar Eropa, bisa lihat template-nya di internet), hingga motivation letter wajib kamu sertakan. Untuk info lebih lengkapnya mari klik di sini.

2. Beasiswa dari Indian Council for Cultural Relation (ICCR)

India negara yang menarik untuk kamu lirik sebagai tempat belajar. Apalagi ada penawaran menarik dari Indian Council for Cultural Relation (ICCR) yang setiap tahunnya menyediakan 20 kursi beasiswa untuk jenjang S1,S2, dan S3.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga trip tahunan. Hanya saja untuk tiket berangkat ke India dan tiket pulang ke Indonesia, kamu harus merogoh dari kocek pribadi. Untuk info persyaratan dan lain-lain, kamu bisa klik di sini.

3. Beasiswa dari Pusat Kebudayaan Rusia

Rusia memang jarang dilirik sebagai tempat menimba ilmu. Namun tak ada salahnya jika kamu mencobanya. Sebab ada penawaran beasiswa yang menarik dari Pusat Kebudayaan Rusia (PKR), dari mulai S1-S3.

Beasiswa ini hanya mencakup biaya kuliah saja. Untuk biaya lainnya dari tiket pesawat sampai biaya hidup, kamu tanggung sendiri. Pilihan jurusannya sendiri sangat beragam. Sementara untuk persyaratan dan keterangan lebih lanjut, kamu bisa klik di sini.

4. Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students

Negeri yang kaya akan minyak ini layak kamu pertimbangkan sebagai tempat belajar. Tak hanya lokasinya tak begitu jauh dengan Indonesia, negara ini pun memang tenang dan anti huru-hara. Terlebih lagi ada penawaran beasiswa menarik dari Kesultanan Brunei melalui Brunei Darussalam Government Scholarship Foreign Student.

Tak tanggung-tanggung beasiswa ipenuh untuk jenjang diploma (D3), sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3) hadir untukmu. Ada empat universitas terbaik di Brunei yang menjadi tujuan studi, yakni Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Institut Teknologi Brunei (ITB), dan Politeknik Brunei (PB). Untuk info lengap silakan klik di sini.

5. beasiswa Asian Development Bank Japan Scholarship Program (ADB-JPS)

Mungkin beasiswa yang disponsori oleh Asian Development Bank sudah banyak yang tahu.  Namun banyak yang belum tahu kalau pilihan jurusannya banyak, mencakup 20 institusi akademis di Asia Pasifik. Dari kampus di Jepang, Filipina, Australia, hingga Hawai. Untuk meraih beasiswa ini kamu dituntut untuk jeli melihat peluang. Jurusan dari kampus mana yang kira-kira sesuai dengan minat dan latar belakang akademismu.

Nah untuk pilihan jurusannya bisa kamu klik di sini dan untuk persyaratannya dalam bahasa Indonesia bisa kamu klik di sini.