Indonesia memang negara yang kaya. Kaya dalam berbagai hal, baik itu sumber daya alam, energi, maupun budayanya. Tanpa disadari, Indonesia pun punya ciri tersendiri yang dibangun tanpa sadar oleh masyarakatnya hingga menjadi kebiasaan. Dari rangkaian kebiasaan orang Indonesia, ada yang paling unik yang tak dimiliki bangsa asing, malah mereka geleng-geleng kepala karenanya.

Penasaran perilaku apa saja? Simak 5 perilaku unik yang hanya milik orang Indonesia, berikut ini.

1. Belum makan kalau belum makan nasi

ceritaperut.com

Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, maka tak makan nasi sehari aja rasanya sehari itu pula kamu belum makan. Padahal udah ‘ngemil’ roti, spaghetti atau makanan apapun selain nasi hingga kenyang. Tetapi kalau ditanya udah makan belum? kita akan menjawab belum, tadi cuma makan roti belum makan (nasi)! Unik kan?

2. kondangan sampai Nutup Jalan

pasangmata.com

Kebiasaan unik dan cukup mengganggu kenyamanan orang-orang yang ingin menggunakan fasilitas umum. Tak jarang hal ini sampai membuat macet panjang. Bukan doa baik yang didapat, malah sumpah serapah dari pengguna jalan yang kesal. Sudah dipastikan jika kebiasaan ini hanya milik orang Indonesia, lho!

3. Makan menggunakan tangan

boombastis.com

Dari Sabang sampai Merauke, pada mulanya makan menggunakan tangan kosong. Sebelum sendok muncul dan menjadi budaya yang berlaku disini. Makan dengan tangan memang memiliki tambahan kenikmatan tersendiri. Hal ini dianggap aneh oleh temanĂ¢??teman bule kita yang biasanya sering makan menggunakan pisau, garpu dan sendok.

4. Ronda

Beberapa orang secara berkelompok rela begadang untuk menjaga wilayah mereka dari pencuri yang kerap datang pada tengah malam. Tapi sekarang kegiatan ini nampaknya sudah jarang dilakukan, terutama di perkotaan. Namun, entah siapa pencetusnya, kegiatan rutin ini cuma ada di Indonesia, lho.

5. Kerokan

Dalam hidupmu pasti pernah saat masuk angin dikerokin oleh ibumu? Kerokan ternyata suatu bentuk penyembuhan yang mengerikan bagi orang luar negeri. Bekasnya mirip orang habis dicambuk, Hiyyy! Kalau orang Indonesia biasa dikerokin sebagai solusi masuk angin.