Inilah Film Wonderful Indonesia – West Papua yang Raih Penghargaan Internasional


Pariwisata dan perfilman di Indonesia semakin menggeliat. Apalagi jika kedua potensi tersebut digabung menjadi satu. Maka jadilah karya yang epic. Film pendek promosi pariwisata Indonesia ini jadi buktinya.

Wonderful Indonesia -West Papua“, sebuah film pendek pariwisata produksi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, meraih penghargaan dalam ajang International Cultural Tourism Fair ke-13, untuk kategori corporate tourism film/spot pada sub kategori advertising atau film promosi dalam festival pariwisata budaya di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria.

Tak hanya itu saja, Indonesia juga mendapatkan penghargaan untuk stand terbaik original presentation of the tourism product!

Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia, Sri Astari Rasjid, mewakili Pemerintah Indonesia menerima kedua penghargaan itu dalam acara The International Tourism Film Festival of Bulgaria On the East Coast of Europe yang digelar back to back pada 14-16 April 2016.

The International Tourism Film Festival (ITFF) of Bulgaria merupakan satu-satunya festival film tahunan bergengsi bertema pariwisata di Bulgaria, di mana hasil karya pembuat film berbakat dan destinasi pariwisata dari berbagai negara dapat dipromosikan di Bulgaria dan penonton Internasional. Ajang itu diselenggarakan Pemerintah Kota Veliko Tornovo bekerjasama dengan perusahaan “Consulting & Communication Agency” serta Asosiasi Tour Operators dan Travel Agents Bulgaria.

Tahun ini ajang International Tourism Film Festival (ITFF) mempertandingkan lima kategori, yaitu: Nature & Ecotourism; History and Culture; Sport and Adventure; Faith & Traditions; dan Corporate Tourism Film / Spot. Dari lima Kategori tersebut, hanya kategori Faith & Traditions yang tidak diikuti Indonesia.

Festival ini diikuti 93 film dari 24 negara. Empat Film Wonderful Indonesia produksi Kemeterian pariwisata RI yaitu: “Wonderful Indonesia: Love”, “Adventure”, “West Papua” dan “North Sumatera” masuk nominasi untuk seleksi lebih lanjut, dan akhirnya terpilih film pendek “Wonderful Indonesia: West Papua” yang mendapat award.

Acara pameran dan wisata ini merupakan salah satu yang terbesar di Bulgaria diikuti sekitar 50 wakil pemerintah kota di Bulgaria dan kedutaan asing seperti Indonesia, Palestina, Afrika Selatan, Azerbaijan, Hungaria, Vietnam, Malta dan Perancis.

Menariknya, dalam tiga hari pameran, Stand Indonesia yang didukung Kementerian Pariwisata RI, menjadi salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi pengunjung yang antusias menikmati ragam variasi kuliner dan kerajinan Indonesia, serta mengikuti kompetisi foto di stand untuk ditampilkan di media sosial.

Indonesia juga menampilkan Tari Jauk Keras yang mendapat sambutan meriah dari pengunjung pameran. Keikutsertaan Indonesia pada berbagai event tersebut adalah untuk semakin mempopulerkan budaya dan wisata Indonesia di Bulgaria. Potensi jumlah turis dari Bulgaria perlu terus ditingkatkan pada masa mendatang. (rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak