dailymail

Kini tak hanya manusia yang bisa mengenyam pendidikan. Sebab ada sebuah robot yang didaftarkan sekolah layaknya manusia.

Dialah Pepper, robot humanoid buatan perusahaan Jepang, SoftBank Robotics. Pepper dirancang ramah, menawan dan mengejutkan. Robot kualitas nomor satu ini kemampuannya untuk merasakan emosi.

Di situs resmi SoftBank, Pepper disebut sebagai robot humanoid pertama di dunia yang dirancang untuk hidup dengan manusia. Pepper merupakan robot sosial yang bisa berinterkasi dengam manusia dan memang dibuat dengan tujuan awal untuk melayani konsumen di bank atau di toko-toko. Peper juga memiliki kemampuan untuk mengenali dan memberikan rekasi yang sesuai pada emosi atau perasaan manusia.

japantrends.com

Tak hanya itu saja, Pepper akan jadi robot pertama yang bersekolah. Saat ini Pepper tercatat sebagai siswa di sekolah menengah atas Hisashi di Waseda, Jepang. Papper juga akan ikut berpartisipasi dalam kelas bahasa Inggris, walaupun sebenarnya Pepper dilengkapi dengan kemampuan bahasa yang baik.

“Aku tak menyangka aku akan diterima di sekolah manusia,â? kata Pepper saat mendaftar di pusat pendidikan.

Meski dirancang dengan baik dan sudah pintar, Pepper tetap mempunyai alasan untuk sekolah. Para guru percaya, kehadiran Pepper di sekolah bisa memberikan pengaruh positif pada para murid dan mendorong semangat mereka untuk terus belajar.

Seperti dikutip dari National Geographic, selain bersekolah, Pepper juga punya kesibukan lain, baru-baru ini Pepper direkrut oleh Nestle Japan karena kemampuannya untuk membaca dan merespon manusia diharapkan bisa membantu penjualan Coffee Machine Nescafe.