newyorker.com

Beberapa waktu lalu Leonardo Dicaprio diam-diam mengunjungi Aceh demi bertemu orangutan. Saat ini, baik orangutan Sumatera maupun orangutan Borneo memang terancam oleh kepunahan. World Conservation Union (Daftar Merah IUCN 2007 / IUCN Red List 2007) mengklasifikasikan orangutan Borneo sebagai spesies yang terancam punah (endangered), sementara di Sumatera telah diklasifikasikan sebagai spesies yang sangat terancam punah (critically endangered).

Orangutan merupakan sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat. Menariknya, Tingkat kesamaan DNA orangutan dengan manusia sebesar 96,4 persen. Karena orangutan salah satu spesies terlangka, kamu harus mengetahui info penting dan fakta seputar orangutan. Berikut ini telah dirangkum 5 fakta menarik tentang orangutan yang dikutip dari berbagai sumber dan perlu kamu tahu.

1. Orangutan spesies kera besar satu-satunya di Asia

tierchenwelt.de

Orangutan adalah spesies kera besar satu-satunya di Asia. Saat ini orangutan hanya hidup di Pulau Kalimantan dan Sumatera yang terbagi dalam dua spesies generik, Pongo pygmaeus dan Pongo abelii. 90% dari populasi orangutan ini hidup di Indonesia, sementara 10% sisanya dapat ditemukan di Sabah dan Sarawak, Malaysia. Di Sumatera, populasi terbesar ditemukan di ekosistem Leuser, sedangkan orangutan Borneo dapat ditemukan di Kalimantan Barat, Tengah dan Timur.

2. Orangutan hewan yang amat pintar

wikimedia.org

Orangutan dikenal sebagai salah satu primata yang hebat dalam hal observasi lingkungan dan imitasi tindakan. Kecerdasan orangutan ditunjukan di alam liar dengan cara memanfaatkan benda di sekitar untuk mencari makan ataupun berlindung dari ganasnya kondisi alam. Mereka dapat menggunakan tongkat sebagai alat bantu untuk mengambil makanan, dan menggunakan daun sebagai pelindung sinar matahari maupun hujan.

3. Orangutan suka sekali tidur

bbci.co.uk

Orangutan terkenal sebagai hewan yang senang tidur. Mereka tidak hanya tidur panjang di waktu malam hari, melainkan mereka pun mengatur waktu untuk tidur siang di sela aktivitas. Menariknya orangutan membuat kasur sendiri dengan menata dedaunan dan ranting-ranting pohon utuk membuat tidur mereka nyaman. Mereka tidak khawatir digigit nyamuk, karena biasanya mereka menggunakan daun tarutung sebagai alas tidur mereka. Daun ini adalah sejenis daun yang tidak disukai oleh nyamuk.

4. Meski kuat, Orangutan tak suka keributan

cloudfront.net

Dikutip dari Orangutan Information Center, orangutan memiliki kekuatan enam kali lipat manusia dewasa, memiliki 4 tangan dan juga gigitan yang sangat kuat. Tak perlu khawatir, umumnya orangutan sifatnya tenang dan tidak berbahaya jika tidak diganggu. Jika berpapasan dengan jantan lainnya, mereka biasanya mencoba menghindari perkelahian dengan gaya saling mengancam.

5. Orangutan suka sekali menjelajah

detik.com

Perlu diketahui orangutan, baik liar maupun yang ada di kebun binatang, jarang sekali bermain di atas tanah. Mereka suka sekali menjelajah. Menurut data penelitian berjudul Identifikasi Daerah Jelajah Orangutan Sumatera Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis yang dilakukan oleh Pindi Patana, Bejo Slamet dan Desli Triman Zendrato, orangutan dewasa betina memiliki daerah jelajah sejauh 916 meter per hari di dalam area seluas 12,5 hektar. Sedangkan orangutan jantan dewasa menjelajah sejauh 651 meter per hari di area seluas 46 hektar. Menarik bukan?