Inovasi kuliner memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari hidangan pembuka hingga penutup, semuanya dilakukan evolusi. Belakangan ada kuliner penutup alias dessert yang sedang hits di kalangan anak muda. Es krim batok kelapa, model inovasi kuliner terbaru yang fotonya banyak menghiasi instagram dan menjadi bahan perbincangan. Jika biasa es krim disajikan dengan cone atau cup, sesuai dengan namanya es krim batok ini disajikan dalam batok kelapa. Batok kelapa yang digunakan ini merupakan batok kelapa yang masih memiliki daging kelapa di dalamnya. Dessert dingin ini pertama kali ada di Thailand lalu mulai populer belakangan ini di Indonesia. Di Jakarta, ada lima gerai es krim yang menjual es krim batok kelapa. Ingin tahu di mana saja? Ini dia JBers!

1. Kelasi

Kelasi (jakfm.com)
Kelasi (jakfm.com)

Kelasi merupakan singkatan dari Kelapa Isi. Kelasi memiliki dua gerai, yakni di Mall Kelapa Gading Walk Area dan Food Container di Lebak Bulus. Favorit rasa di sini adalah coco boat, yakni perpaduan es krim dari santan kelapa murni dengan rasa manis cokelat dan taburan kacang tanah yang membuat cita rasanya semakin sulit dilupakan. Selain itu masih ada varian rasa lainnya seperti coco parfait yang memadukan es krim dengan corn flakes, kacang tanah, serta caramel sauce. Kalau kamu ingin menciptakan perpaduan rasa, kamu bisa membuat kreasi campuran ala kamu sendiri JBers. Untuk harga, Kelasi menawarkan harga mulai dari Rp 28.000 hingga Rp 40.000 rupiah per porsinya.

2. Miaw Coconutice

Miaw Coconutice (lifestyle.liputan6.com)
Miaw Coconutice (lifestyle.liputan6.com)

Kalau main ke Pasar Santa, jangan lupa mampir ke Miaw Coconutice yang ada di sudut kios Jang Manies. Di sini kamu bisa menikmati es krim batok dengan perpaduan aneka campuran, mulai dari jelly, nata de coco, kacang-kacangan, chocolare chips, hingga buah-buahan segar. Miaw Coconutice tidak buka setiap hari loh. Gerainya buka pada hari jumat, sabtu, dan minggu mulai pukul 13.00 hingga sold out.

3. Kelapas

Kelapas (liputan6.com)
Kelapas (liputan6.com)

Kelapas yang berada di Sumarrecon Mall Serpong 2 ini sangat tenar di kalangan anak Serpong. Selain harganya yang murah meriah, varian toppingnya bisa membuat kamu bingung untuk memilih. Dengan harga mulai dari Rp 20.000 an, topping yang disajikan ada mochi, butiran cokelat, buah-buahan segar, kacang, serta meises yang beragam. Dari sekian banyak varian, yang menjadi favorit dan yang paling terkenal adalah es krim batok dengan topping mochi dan butiran cokelat. Paduan es krim yang dingin manis berpadu dengan kenyalnya mochi membuat citaraa yang unik di mulut.

4. Kedai Gentong

Kedai Gentong (www.foodtaxi.co.id)
Kedai Gentong (www.foodtaxi.co.id)

Bagi kamu yang suka dengan es krim jadul, kamu bisa mampir ke Kedai Gentong yang menjual es krim-es krim dengan citarasa tradisional. Meski tradisional, penyajian mereka sangat modern loh. Varian es krim batok kelapa di sini memang berbeda citarasanya di banding ketiga gerai es krim di atas karena mereka menyajikan es krim alpukat plus nangka yang sangat khas dengan citarasa Indonesia. Kalau kamu ingin bernostalgia dengan citarasa es krim batok yang jadul, kamu bisa mampur ke Jalan Boulevard Raya Blok FY 1/14, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

5. Pungopang

Es krim batok di Pungopang (media.foody.id)
Es krim batok di Pungopang (media.foody.id)

Gerai es krim yang berkonsep ala Korea ini ternyata punya es krim batok kelapa loh dalam menunya. Kamu bisa mencoba menu Coconut Island Horliks yang memiliki citarasa berbeda dari es krim batok kelapa kebanyakan. Es krim yang digunakan adalah es krim gandum yang dipadu dengan jelly kelapa. Untuk citarasanya jangan diragukan lagi JBers, karena ini merupakan menu favorit di sini. Kalau kamu ingin icip langsung, kamu bisa datang Ruko Crown Golf Blok B No.57-58, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk.

Dari kelima gerai di atas, kamu kira-kira ingin icip yang mana JBers? (jow)