skilledup.com

Ada berbagai macam cara yang dapat dilalui ketika ingin meraih mimpi dan cita-cita. Salah satunya dengan mengikuti kursus. Namun biasanya kursus perlu mengerluarkan dana dan waktu yang tak sedikit.

Bagaimana dengan mereka yang tak punya banyak waktu dan dana, tapi ingin mengikuti kursus? Jangan khawatir, sebab kini ada beberapa kursus yang dilakukan online. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, bahkan beberapa menyelenggarakan tanpa dipungut biaya, dan waktu pun lebih fleksibel.

Yuk simak, 5 kursus online yang berkualitas dan perlu kamu ikuti agar lebih cepat meraih kesuksesan.

Sekolah Pintar

sekolahpintar.com

Sekolah Pintar merupakan startup yang menyediakan aneka kursus berkualitas yang didirikan oleh salah satu lembaga pendidikan ternama, yaitu Babastudio. Kursus online ini menyediakan berbagai kursus gratis maupun berbayar. Meski baru berdiri Januari 2015, tapi Sekolah Pintar ini telah memiliki 10 ribu member dan produk yang terjual sudah ribuan paket. Setelah kamu lulus dalam kursus, kamu akan mendapatkan sertifikat dari penyedia kursus.

Sekolah Pintar memiliki materi sangat beragam mulai dari bisnis, kursus bahasa Inggris dengan berbagai level keahlian, kursus komputer teknis seperti pemrograman PHP, SEO, animasi 3D dan desain hingga kursus menjahit. Info lebih lanjut klik di sini.

Akumassa

akumassa.org

Akumassa merupakan program pemberdayaan media yang menyediakan pembelajaran bagi calon sutradara, penulis skenario hingga kritikus film. Lewat Forum Lenteng, kamu bisa kirim tulisan kritikmu terhadap sebuah film, kemudian mereka yang bakal mengeditnya. Nah, kalau kamu sudah oke, barulah tulisan itu akan diupload di forum mereka.

Akumassa aktif sejak 2008 lalu ini telah berkolaborasi dengan komunitas-komunitas lokal di beberapa daerah di Indonesia untuk melaksanakan lokakarya dan memproduksi beragam bentuk media komunikasi. Seperti tulisan, gambar/foto, audio, dan juga video. Mereka sesekali juga berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia. Info lebih lanjut klik di sini.

Learn-to-draw.com

mozaic.co.id

Bagi kamu yang doyan menggambar, kursus ini wajib banget kamu ikutin. Kursus menggambar berbasis online ini telah dibagi dalam tiga kategori, yakni dasar-dasar menggambar, gambar potret, dan karikatur. Guru gambar online ini lebih fokus pada teori dan ebih banyak teks perihal aspek serta teknik dengan beberapa ilustrasi seperti shading, garis, pewarnaan. Setelah kamu paham akan teori, dijamin kamu makin handal praktek. Kursus ini dapat kamu akses gratis, lho! Tak percaya? Langsung saja klik di sini.

HarukaEdu

id.techinasia.com

HarukaEdu merupakan sebuah startup e-learning yang memungkinkan kamu mengikuti berbagai macam pendidikan formal maupun informal secara online. Ada tiga program yang ditawarkan HarukaEdu, yakni Kelas Online, Kuliah Online, dan Sertifikasi Online.

Kelas online di HarukaEdu terdiri dari beberapa gelombang yang masing-masing diadakan selama kisaran waktu tertentu. Terkait kuliah online, HarukaEdu menjalin kerja sama dengan universitas terakreditasi A dan B yang mengubah program offline degree mereka menjadi online degree. Setelah menyelesaikan program kelas dan kuliah online HarukaEdu, serta lulus ujian sertifikasi, maka pengguna akan mendapat sertifikat online. Info lebih lanjut klik di sini.

Squline

id.techinasia.com

Squline menyediakan kursus online belajar bahasa Mandarin. Para murid bisa langsung mengikuti kelas virtual online yang diajarkan oleh guru bahasa Mandarin di Cina. Squline menyediakan berbagai level kelas dari level Elementary hingga Advanced.

Layaknya les privat, dalam situs ini kamu bisa menentukan waktu belajarmu sendiri, serta memilih pengajar yang tersedia pada jadwal tersebut. Untuk menggunakan layanan ini, kamu harus membeli paket yang tersedia atau membayar sesuai dengan jumlah pertemuan atau sesi kelas yang ingin kamu dapatkan. Selain Mandarin, Squline juga menyediakan kursus online untuk bahasa Inggris, lho. Tertarik? Info lebih lanjut, klik di sini.