Pernahkan terpikir olehmu museum yang berisi berbagai macam toilet dari berbagai zaman? Museum ini benar-benar ada, lho. Museum unik ini terletak di India. Terdapat berbagai koleksi toilet, mulai dari bentuk yang sangat konvensional hingga yang paling modern, dipamerkan di sana.

sulabhtoiletmuseum.org

Museum tersebut bernama Sulabh International Museum of Toilet, merupakan satu-satunya museum toilet di dunia. Museum yang terletak di New Delhi ini hanya terdiri dari satu ruangan yang cukup panjang.

Misi Sulabh International adalah untuk mempromosikan kebiasaan sanitasi yang aman dan menyediakan fasilitas toilet umum. Memang di India masalah kebersihan dan sanitasi menjadi masalah yang penting. Dengan dibangunnya museum toilet ini, diharapkan mampu memelihara ratusan toilet umum di kota-kota besar, serta dapat menjadi daya tarik turis di seluruh dunia.

sulabhtoiletmuseum.org

Sulabh Internasional adalah organisasi nirlaba terbesar di India, yang dibantu 50 ribu relawan. Tak hanya itu saja, mereka juga membangun dan menangani ratusan toilet umum di beberapa kota besar, termasuk di sekitar Red Fort di Delhi dan Taj Mahal di Agra dan kota-kota padat penduduk lainnya.

Museum ini memamerkan sejarah dan perkembangan toilet di seluruh dunia. Dari yang hanya terbuat dari susunan batu bata hingga toilet elektronik. Selain itu, terdapat beberapa pajangan gambar, lukisan, dan foto yang masih berkaitan dengan toilet, seperti etika ketika berada di toilet.

Salah satu koleksi berharga di museum ini adalah toilet milik Sir John Harrington yang dibuat tahun 1596 dan beberapa toilet milik kerajaan Inggris. Selain itu, ada puisi, lelucon, dan ilustrasi mengenai toilet terpasang di dinding.

tabloidindia.com

Sejak pertama kali dibuka tahun 1992, museum ini sudah menerima 100 ribu pengunjung. Yang paling menarik dari museum ini adalah replika tempat duduk kerajaan milik raja Prancis, Louis XII, yang ternyata di dalamnya terdapat toilet tersembunyi, agar raja tetap nyaman ketika berada di tempatnya.

sulabhinternational.org

Menarik bukan? Jika kamu berkunjung ke India jangan lupa sempatkan menyelusuri museum toilet ini, ya.