Pantai Ora

Maluku menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang menyimpan kekayaan alam yang tak terbatas. Berkunjung ke tempat ini, kamu akan disajikan dengan berbagai macam kekayaan alam dan budaya, mulai situs sejarah, sampai deretan pantai perawan dengan pasir putih yang lembut.

Deretan pulau di Indonesia bagian timur ini menyajikan berbagai tempat yang sangat memukau yang bahkan tidak kalah cantiknya dengan pulau paling romantis di dunia yaitu Maladewa. Tak percaya? Berikut ini 5 wisata terindah yang wajib kamu singgahi kalau berkunjung ke di Maluku.

Kepulauan Banda Neira

pesonaindo.com

Banda Neira, salah satu pulau di Kepulauan Banda, Maluku, memiliki keindahan dan kekayaan alam bawah laut yang memukau. Ribuan spesies ikan laut dan terumbu karang yang menawan menjadi surga para pencinta diving. Bahkan, para penyelam kelas dunia mengakui eksotisme Banda Neira sebagai salah satu dive spot terbaik di dunia. Jarak pandang penyelaman yang mencapai 40 meter ini, memiliki pesona biota alam bawah laut yang tak akan bisa ditemukan di tempat lain. Di sana ada ikan Mandarin yang memiliki keindahan di seluruh sisik tubuhnya. Tak hanya itu saja, di perairan yang sedikit dalam, terlihat spesies ikan Hiu Martil, Napoleon, Barakuda, Pari Timur, dan ratusan spesies ikan unik yang siap menyambut para penyelam dengan keramahan khas laut Banda. Menarik bukan?

Benteng Ferangi

tekooo.com

Jika kamu suka wisata sejarah, Benteng Ferangi wajib kamu kunjungi. Benteng Ferangi di masa lalu digunakan sebagai benteng pertahanan bangsa Portugis pada tahun 1575. Benteng yang dikenal dengan nama Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha ini sekarang digunakan sebagai pusat dalam pemerintahan dan penyimpanan rempah-rempah di Indonesia bagian timur. Jika kamu masuk ke dalam kawasan Benteng, kamu akan disuguhkan dengan meriam-meriam berukuran besar dengan umur yang sudah tua. Kemudian setelah berada di dalam ruangan, terdapat peta perkembangan kota Ambon dari waktu ke waktu dan juga benda-benda peninggalan jaman penjajahan Belanda dan Portugis yang akan menambah wawasanmu. Menarik bukan?

Taman Nasional Manusela

Taman Nasional terindah di Indonesia ini, mempunyai pemandangan alam yang memukau dan terjaga dengan baik. Kawasan Taman Nasional Manusela, mencakup 20 persen dari keseluruhan luas Pulau Seram. Di sini terdapat Gunung Binaya yang merupakan puncak tertinggi di Maluku. Selain itu Kawasan Taman Nasional Manusela banyak memiliki keunikan yaitu di daerah Sawai dengan aneka karang lautnya yang indah sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving. Di samping itu, di daerah Sawai dan sekitarnya juga dapat dinikmati pemandangan tebing sawai yang indah atau wisata tirta yang dapat dinikmati dengan menggunakan fasilitas kapal cepat dan longboat milik Balai Taman Nasional Manusela.

Pantai Ora

cnnindonesia.com

Pantai Ora terletak di desa saleman, Kecamatan seram utara, Maluku Tengah Provinsi Maluku. Inilah salah satu surga dunia yang terletak di indonesia timur. Tak perlu jauh-jauh ke Maldives untuk mendapatkan suasana yang damai dengan pemandangan alam menawan. Pantai berpasir putih dengan air yang sangat jernih dan tenang dengan kekayaan terumbu karang, ikan dan aneka ragam biota laut lainnya, menjadi daya tarik Pantai ini. Tak hanya itu saja, di sini kamu bisa menikmati sensasi menginap di atas pantai. Berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai Ora antara lain wisata alam, wisata tirta, snorkeling, diving, wisata kuliner, jelajah gua dan fotografi.

Pulau Bair

telusurindonesia.com

Pulau Bair memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau-pulau kecil disekitarnya, karena memiliki dua teluk dengan air laut jernih dan tenang, vegetasi mangrove dan tebing batu. Pulau Bair juga sebagai tempat hidup anak ikan Hiu jenis Blackpit. Tak hanya itu saja, landscape Pulau Bair ini sangat memanjakan mata dengan laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat. Maka tak heran jika Pulau ini sering disebut Raja Ampat dari Maluku. Aktivitas berenang, piknik dan snorkeling bisa dilakukan di sini. Selain menjelajahi sekeliling pulau, kamu bisa  masuk di antara celah tebing karang yang sangat eksotik.