Suara merdu Tulus jelas bisa bikin suasana jadi damai dan adem. Namun siapa sangka, kalau ternyata dia tak mahir memainkan alat musik apapun?

Hal ini diakui sendiri olehnya. Menurut dia, beberapa guru yang mengajarinya bermain alat musik malah menyebutnya tidak berbakat.”Jujur saya pernah coba beberapa kali belajar bermain alat musik, tapi guru saya bilang enggak bakat,” kata Tulus seperti dikutip dari Kompascom, Senin (2/5/2016).

Tulus (Tribunnews)
Tulus (Tribunnews)

Gitar dan piano piano pernah dijajalnya. Namun, lagi-lagi Tulus dinilai tak memiliki bakat yang mumpuni untuk menjadi seorang pemain instrumen musik.

“Saya belajar gitar kata guru saya enggak bakat. Saya belajar piano kata guru saya enggak bakat juga. Ya sudah nyanyi saja,” kata Tulus lalu tersenyum.

Lalu bagaimana cara Tulus menciptakan lagu, walau dirinya tak mahir memainkan alat musik? “Saya pakai bank nada. Setiap orang kan punya memori kolektif, tapi beda-beda. Kebetulan ketertarikan saya sama nada,” ujar Tulus ke Liputan6com.

Tulus menambahkan, jika ia memiliki lirik yang dirasa bagus, ia langsung memadupadankan lirik tersebut dengan nada indah yang ada di dalam otaknya. Dari situlah pelantun dirinya bisa menciptakan sebuah lagu.

Tulus dan Raisa (Liputan6)
Tulus dan Raisa (Liputan6)

“Jadi kalau saya nulis lagu, apa yang ada di otak saya rangkai dengan lirik dan nada, jadilah lagu,” ungkap Tulus.

Penyanyi bertubuh besar itu juga sengaja berkolaborasi dengan produser musik yang sudah memahami kekurangan dia. Sehingga ada yang dapat menerjemahkan lagu yang ia ciptakan kedalam chord nada lagu.

“Itu kenapa saya kerjasama dengan produser. Karena saya punya keterbatasan dalam main musik. Jadi harus ada yang menerjemahkan ke dalam chord-chord lagu,” katanya. (tom)