Seseorang butuh bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi, mencari kerja tidak semudah yang dikira. Butuh usaha yang benar-benar maksimal, apalagi melihat kenyataan makin menipisnya lowongan pekerjaan, serta banyaknya lulusan-lulusan baru setiap tahunnya. Akhirnya, angka pengangguran pun meningkat.

Kondisi seperti ini memang dialami oleh rata-rata negara di dunia, tapi ada beberapa negara yang memberikan aturan berbeda soal menanggulangi pengangguran. Ya, di beberapa negara, ternyata pengangguran diberi semacam tunjangan khusus. Jumlahnya sendiri tidak kecil. Sangat besar kalau dibandingkan dengan gaji pekerja Indonesia. Berikut 5 negara yang tetap menggaji pengangguran, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Arab Saudi

Ilustrasi orang Arab (Kaskus)
Ilustrasi orang Arab (Kaskus)

Dengan semua yang dimilikinya, Arab Saudi boleh dibilang merupakan salah satu negara kaya di dunia. Salah satu bukti kalau Arab Saudi negara makmur adalah soal aturan baru tentang pemberian tunjangan kepada para pengangguran di sana. Sejak tahun 2012 lalu, pemerintah menggelontorkan uang tunjangan kepada para pengangguran sebanyak kurang lebih setara dengan Rp 4,8 juta. Uang ini dibayarkan sebulan sekali dan hanya akan diberikan dalam waktu setahun saja.

2. Swedia

Ilustrasi Swedia (Kaskus)
Ilustrasi Swedia (Kaskus)

Swedia merencanakan akan menggulirkan sebuah aturan unik yang bikin orang-orang sedunia iri. Ya, pemerintah negara ini konon bakal memberikan tunjangan kepada semua rakyatnya. Baik yang pengangguran atau pun yang tidak. Dikatakan, pemerintah sana siap memberikan sekitar Rp 33 juta per bulan kepada masing-masing penduduknya yang masuk kategori dewasa. Tak hanya itu, anak-anak akan diberi uang saku oleh negara sebesar Rp 1,9 juta per pekan.

3. Irlandia

Ilustrasi orang Irlandia (Kaskus)
Ilustrasi orang Irlandia (Kaskus)

Di negara-negara Eropa rata-rata memang memberikan tunjangan bagi pengangguran. Tapi, biasanya syaratnya cukup susah, ada administratif, tes, dan lainnya. Ketika kebanyakan negara Eropa memberlakukan aturan itu, di Irlandia ternyata tidak. Seorang pengangguran di Irlandia bisa mengklaim uang tunjangannya tanpa syarat. Jumlah tunjangannya memang tidak besar bagi orang sana, tapi cukup untuk bisa menghidupi diri sendiri. Hampir setiap minggu para pengangguran akan mendapatkan Rp 3 jutaan atau Rp 12 juta sebulan.

4. Inggris

Ilustrasi orang Inggris (Kaskus)
Ilustrasi orang Inggris (Kaskus)

Selain Irlandia, negara Eropa yang ramah pengangguran adalah Inggris. Di sana seseorang bisa mendapatkan tunjangan yang cukup besar. Jumlahnya sendiri lumayan, hampir Rp 1,3 jutaan per minggunya atau sekitar Rp 5 jutaan per bulannya. Untuk tunjangan anak-anak juga disediakan pemerintah dengan jumlah yang lebih sedikit.

5. Malta

Malta (Jetex)
Malta (Jetex)

Meskipun negara ini boleh dibilang tidak masuk jajaran terkaya, tapi Malta tahu bagaimana cara memakmurkan rakyatnya. Sama seperti Irlandia, Malta juga memberikan tunjangan tanpa syarat kepada penduduknya yang pengangguran. Jumlahnya mungkin tidak terlalu besar, hanya Rp 300 ribuan, tapi dibayar per hari. Jadi dalam sebulan seorang pengangguran di sana bakal mengantongi sekitar Rp 9 jutaan. Tak hanya itu, untuk tunjangan anak pemerintah juga akan memberikan bantuan dengan jumlah maksimal Rp 1,5 jutaan. (tom)